//DISKOMINFO-SGU//
SANGGAU – Bupati Sanggau dalam hal ini diwakili Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (DKPTPHP) Kabupaten Sanggau, Ir.H.John Hendri, M.Si membuka secara resmi serangkaian kegiatan menyemarakkan Tahun Baru 1 Muharram 1441 H/2019 M, dengan mengusung tema “Maknai hidup dengan semangat hijrah”, kegiatan di pusatkan di Halaman Masjid Jami’ Sultan Ayub Kantu’ Sanggau, Jumat malam (30/8) pukul 20.00 WIB.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kapolres Sanggau, AKBP.Imam Riyadi, S.Ik, MH, Dandim Sanggau dalam hal ini diwakili oleh Pasi Intel, Kapt.Saifullah, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sanggau, Drs.H.M.Taufik, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Camat Kapuas, Drs.Alipius, M.Si, Kapolsek Kapuas, Iptu.Sri Mulyono, Para Pengurus PHBI Kabupaten Sanggau, Ketua Pengurus Masjid Jami’ Sultan Ayub, H.Nasri Rajali, S.Ag, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan masyarakat.

Ketua Panitia, Ade Harun menyampaikan malam hari ini merupakan malam pembukaan menyambut dan menyemarakkan Tahun Baru 1 Muharram 1440 H.

“Kegiatan ini merupakan salahsatu upaya dari pemuda Masjid Jami’ Sultan Ayub dalam menyemarakkan malam tahun baru Islam. Berharap dengan melalui momentum pada kesempatan ini, kita semua mendapat hijrah atau kehidupan yang lebih baik lagi,” katanya Ade Harun selalu Ketua Panitia.

Kembali disampaikan oleh Ketua Panitia bahwa pada kesempatan menyambut dan menyemarakkan tahun baru Islam, ada beberapa agenda perlombaan yang digelar yakni; pertama, 8 grup qasidah; kedua, MTQ untuk cabang tartil anak-anak dan remaja putra dan putri diikuti 17 orang; ketiga, MTQ cabang tahfidz untuk anak-anak dan remaja diikuti 17 orang; keempat, lomba mewarnai yang diikuti oleh anak-anak TK sebanyak 86 orang dan kelima, lomba hadrah diikuti 4 grup hadrah.

Selanjutnya, H.Nasri Rajali, S.Ag selaku Ketua Pengurus Masjid Jami’ Sultan Ayub Kantu’ menyampaikan atas nama pengurus Masjid dalam hal ini memberikan penghargaan dan apresiasi kepada panitia, pemuda dan remaja Masjid yang sudah melaksanakan kegiatan tersebut.

“Meskipun perlombaan di tahun ini belum sesuai dengan apa yang diharapkan, akan tetapi insyaallah pada tahun yang akan datang semoga kami tetap bisa melaksanakan kegiatan ini, tentu atas berkat dukungan dari bapak dan ibu serta stakeholder,” ujar H.Nasri Rajali selaku Ketua Pengurus Masjid Jami’ Sultan Ayub Kantu’.

H.Nasri juga menyampaikan terkait dengan status Masjid Jami’ Sultan Ayub Kantu’ ini yang dikatakannya Masjid yang terbesar di tingkat kelurahan dan desa.

“Masjid Jami’ Sultan Ayub Kantu’ ini merupakan Masjid bersejarah dan Masjid yang tertua di Kabupaten Sanggau. Maka dari itu kami selaku pengurus Masjid Jami’ Sultan Ayub ingin meningkatkan status Masjid ini dari terbilang Masjid terbesar ditingkat kelurahan atau desa menjadi Masjid bersejarah yaitu Masjid tertua di Kabupaten Sanggau. Dengan begitu bearti levelnya bukan terbesar untuk kelurahan dan desa lagi, akan tetapi Masjid tertua di Kabupaten Sanggau,” jelasnya.

Kembali dijelaskannya, bahwa tahun baru Islam ini merupakan kalendernya dari kegiatan umat Islam, seperti misalnya ketika umat Islam melaksanakan ibadah puasa, Idul Fitri dan Idul Adha dengan menggunakan kalender tahun hijriyah.

“Semoga pada tahun 1441 H kita selaku umat Islam memiliki semangat yang baru, kemampuan dan motivasi yang tinggi dalam kehidupan kita sehari-hari, terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sanggau dalam hal ini diwakili Kadis Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (DKPTPHP) Kabupaten Sanggau, Ir.H.John Hendri, M.Si menyampaikan pada malam hari ini kita berkesempatan untuk hadir dalam memeriahkan dan menyambut tahun baru Islam.

“Semua umat Muslim dipenjuru dunia memperingati dan menyambut Tahun Baru 1 Muharram ini dengan berbagai macam pelaksanaan dan perlombaan yang digelarkan,” kata Kadis KPTPHP Sanggau John Hendri.

Lanjut dikatakannya, bahwa sesuai dengan tema yang diusung, bahwa hijrah merupakan bagaimana kita selaku umat Islam melalui tahun baru 1 Muharram ini bisa menuju perubahan, baik dari perilaku dan bahkan ibadah kepada Allah SWT yang lebih baik lagi.

“Saya kira ini momen yang sangat pas untuk kita semua, dalam rangka merenungi perilaku diri kita sendiri, agar pada tahun 1441 H ini kita dapat meniti kehidupan yang lebih baik lagi,” katanya.

Kembali dipertegas, John Hendri sepakat untuk perubahan status Masjid Jami’ Sultan Ayub merupakan Masjid yang tertua di Kabupaten Sanggau.

“Menyikapi hal tersebut agar para pengurus Masjid bisa berkomunikasi bersama pihak Kemenag Sanggau terkait mekanisme untuk perubahan gelar atau status dari Masjid Jami’ Sultan Ayub yang semula merupakan Masjid terbesar di tingkat kelurahan dan desa, menjadi Masjid tertua di Kabupaten Sanggau,” tuturnya.

Pemukulan hadrah oleh Bupati Sanggau dalam hal ini diwakili Kadis KPTPHP Sanggau sebagai petanda malam pembukaan dalam memeriahkan dan menyemarakkan Tahun Baru 1 Muharram 1441 H secara resmi dimulai.

Kegiatan dilanjutkan dengan penampilan lomba hadrah dari masing-masing grup hadrah.

Penulis : Alfian/Izar