Pemerintah Kabupaten Sanggau Terima Penghargaan Innovative Goverment Award

//DISKOMINFO-SANGGAU//

SANGGAU – Pemerintah Kabupaten Sanggau mengikuti acara Penganugerahan Penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021, yang dilaksanakan secara virtual melalui video conference, bertempat di Ruang VVIP Kantor Bupati Sanggau. Rabu (29/12/2021).

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Para Gubernur, Walikota, Bupati dan Perangkat Daerah Se-Indonesia.

Pada kesempatan tersebut di sampaikan laporan pengharagaan oleh Plh. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri, Eko Prasetyanto Purnomo

Pemerintah Daerah Kab. Sanggau Terinovatif Klaster Kota. Penilaian inovasi daerah dan pemberian penghargaan IGA ini dilakukan melalui empat tahapan, yakni tahapan penjaringan, tahapan pengukuran, tahapan penilaian, validasi lapangan, hingga penetapan dan pemberian penghargaan.

Sebanyak 39 pemerintah daerah (Pemda) masuk nominator IGA Tahun 2021. Adapun ke 39 Pemda tersebut telah dibagi ke dalam beberapa klaster, yakni tujuh Pemerintah Provinsi, 12 Pemerintah Kota, 12 Pemerintah Kabupaten, 5 Pemda di daerah perbatasan, serta 3 Pemda di daerah tertinggal.

Nominator pada klaster provinsi adalah Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Barat, dan Jambi.

Ketujuh provinsi itu adalah provinsi yang masuk dalam kategori sangat inovatif. Dan Pemprov NTB terpilih menjadi Pemda Terinovatif setelah melalui tahapan penjurian dan finalnya paparan presentasi kepala daerah di hadapan dewan juri yang ditetapkan Kemendagri beberapa waktu yang lalu.

Sementara nominator pada klaster kabupaten yaitu Banyuwangi, Wonogiri, Bogor, Muara Enim, Lampung Barat, Tabalong, Indragiri Hilir, Tanggamus, Musi Rawas, Tegal, Hulu Sungai Selatan, dan Bojonegoro.

Sedangkan nominator pada klaster kota, yaitu Singkawang, Surabaya, Padang Panjang, Cimahi, Yogyakarta, Tangerang, Mojokerto, Probolinggo, Pariaman, Bandung, Pekanbaru, dan Makassar. Kemudian, nominator pada klaster daerah perbatasan yakni Kabupaten Pulau Morotai, Kabupaten Sambas, Kabupaten Bintan, Kabupaten Sanggau, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Penilaian inovasi daerah dan pemberian penghargaan IGA ini dilakukan melalui empat tahapan, yakni tahapan penjaringan, tahapan pengukuran, tahapan penilaian, validasi lapangan, hingga penetapan dan pemberian penghargaan.

640 291 RIZKY KURNIYAWAN
Kata pencarian
error: konten ini milik Diskominfo Sanggau !!