Menpan RB akan resmikan MPP Sanggau Bulan Mei 2022 mendatang

//DISKOMINFO-SANGGAU//

SANGGAU – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menargetkan akan meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sanggau pada bulan Mei 2022 mendatang.

Hal tersebut disepakati disaat Pemerintah Kabupaten Sanggau yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Ir. Kukuh Triyatmaka, MM, beraudiensi bersama Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dan Tim Kemenpan RB di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi, di Jalan Jenderal Sudirman Kav. 69 Jakarta Selatan, (29/3/2022).

“Harus segera diresmikan, karena itu kebutuhan masyarakat. Tidak harus menunggu bangunan baru, maksimalkan fasilitas yang sudah ada sehingga, dapat membuat nyaman masyarakat atau pengguna layanan,” kata Menpan RB Tjahjo Kumolo kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau Kukuh Triyatmaka, yang saat itu didampingi Kepala DPM PTSP Alipius, Kepala Diskominfo Joni Irwanto, Asisten Administrasi Umum Burhanuddin, dan Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau.

Secara keseluruhan, Tim Kemenpan RB mengapresiasi MPP Kabupaten Sanggau yang sudah beroperasi sejak 10 Desember 2020 yang lalu. Mulai dari lokasi MPP, sarana-prasarananya, hingga penyedia layanan yang terlibat, dinilai cukup representatif. Hanya saja, ada sejumlah poin yang harus dibenahi, diantaranya program aplikasi.

“Sepertinya, aplikasi Sipadu harus dikembangkan lagi. Coba rancang sistem yang mencakup administrasi MPP secara global, dan bisa bermanfaat oleh seluruh pengunjung MPP. Tidak hanya terbatas pada layanan DPM PTSP saja,” saran Tim Kemenpan RB setelah menonton materi video paparan Sekretaris Daerah Sanggau dan penjelasan Kepala DMP PTSP selaku pengelola MPP Sanggau.

Tak hanya itu, setelah mengecek langsung aplikasi Sipadu Tim juga menyarankan agar Pengelola MPP Kabupaten Sanggau mengevaluasi layanan yang kurang diminati masyarakat. Pasalnya, Tim Kemenpan RB menyoroti sejumlah loket yang tampak kosong, tidak ada pelayanan.

“Berdasarkan rekapan laporan dari aplikasi Sipadu, ada layanan kosong. Sayang dong kalau jarang tidak ada pelayanan di loket itu. Apakah kurang sosialisasi oleh MPP atau si penyedia layanannya?,” tanya Tim kepada Pengelola MPP.

Kemudian, Tim Kemenpan RB mengusulkan, fasilitas penyampaian informasi bagi pengguna MPP menggunakan monitor saja. Bisa dipasang disetiap loket, atau diposisikan di area tertentu sebagai pusat informasi.

“Menyesuaikan dengan jaman yang serba digital gunakan monitor saja, supaya tampak elegan, dan membuat suasana MPP jadi nyaman. Kemudian banner-banner dan hiasan atau ornamen yang tidak prioritas, diminimalisir saja, agar tidak terlihat semraut,” sambung Tim Kemenpan RB.

Menanggapi arahan Menpan RB dan Tim, Sekretaris Daerah Kukuh Triyatmaka menyampaikan akan melaporkan hasil audiensi Tim bersama Kemenpan RB kepada Bupati Sanggau.

“Apa saja yang sudah diarahkan oleh Pak Menteri dan Tim, akan kami evaluasi dan segera kami teruskan ke Pak Bupati. Termasuk soal tanggal peresmiannya nanti di bulan Mei,” ujar Kukuh kepada Tim Kemenpan RB.

Sumber         : Christ TCG Dokpim Setda Sanggau

580 425 Alfian Diskominfo
Kata pencarian