Bupati Sanggau Ikuti Kegiatan Koordinasi Pengembangan Insentif Berbasis Kinerja Ekologi (TAKE) Di Kabupaten Sanggau

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si mengikuti kegiatan Koordinasi Pengembangan Insentif Berbasis Kinerja Ekologi (TAKE) di Kabupaten Sanggau secara virtual atau video conference (Vidcon), Selasa (22/6/2021).

Hadir mendampingi Bupati Sanggau Kepala Bappeda Kabupaten Sanggau Ir. Yulia Theresia, Plt. Kepala DPM Pemdes Kabupaten Sanggau Alian, Kepala OPD Kabupaten Sanggau serta para Camat se-Kabupaten Sanggau.

Insentif berbasis kinerja ekologi adalah transfer fiskal dari pemerintah yang lebih tinggi (nasional, provinsi dan kabupaten/kota) kepada pemerintah di bawahnya (provinsi, kabupaten/kota dan desa) dalam jurisdiksi yang sama berdasarkan kewenangan dan kinerja dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Sanggau menyampaikan bahwa ide soal TAKE ini menurut saya ide yang cerdas kalau ita mau berbicara soal bagaimana desa serius di dalam mendorong penguatan ekologi.

“Nah, tadi disampaikan bahwa kita memberi dana ke desa itu dengan dua indikator yaitu; ADD Minimal Desa dan ADD Proporsional Desa. Ditambahlah sekarang alokasi kinerja yang berkaitan juga dengan penilaian desa hijau. Untuk itu saya kira ini satu formulasi yang baik dan merupakan inovasi penting,” kata Bupati Sanggau Paolus Hadi.

Lanjut dia, Untuk Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM Pemdes) untuk segera untuk melakukan penyesuaian skema TAKE ini.

“Yang penting pertama adalah Peraturan Bupati (Perbup) di ubah dulu. Untuk itu, tentu DPM Pemdes sebagai leading sektor untuk segera lakukan. Kemudian nanti tentu ada merancang ketika kita menyepakati Perbup tersebut, merancang bagaimana sebenarnya pembagian ADD ke desa sesuai dengan empat persen yang kita usulkan. Terus coba mulai juga merancang penghargaan dari Bupati kepada Pemerintah Desa yang bekinerja baik,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Bupati Sanggau Paolus Hadi tentu Bappeda yang mengkoordinir untuk seluruh kegiatan LTKL supaya kita terus mendorong kemitraan.

“Kemudian untuk teman-teman Sekretariat LTKL dan tentunya kita yang mitra pembangunan Kabupaten Sanggau bahwa kita welcome untuk mendukung ini. TAKE juga bagian penting untuk reformasi birokrasi,” tuturnya.

Avatar

839 Publikasi

638 425 Alfian Diskominfo
Kata pencarian