RAPAT KOORDINASI LINTAS SEKTORAL DAN KOMUNITAS INTELIJEN DAERAH (KOMINDA) KABUPATEN SANGGAU DALAM RANGKA KESIAPAN MENGHADAPI NATAL TAHUN 2017

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU, Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dan Komunitas Intelijen Daerah (KOMINDA) Kabupaten Sanggau dalam rangka kesiapan pemerintah menghadapi Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 bertempat ruang musyawarah lantai 1 Kantor Bupati Sanggau, Selasa (19/12).

Tampak hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau A.L.Leysandri, SH, Kapolres Kabupaten Sanggau AKBP Rachmat Kurniawan, Dandim Kabupaten Sanggau yang diwakili PASI Intel Kodim Kapten Andri, Kepala Intel Kejari yang diwakili Kasi Intel Kejari Trie Nurhadi, Asisten I Pemerintahan, Hukum dan Ham Willybrordus Welly, S.Sos,M.Si, Asisten II Perekonomian dan Pembangunan H. Roni Fauzan, SE,M.Si, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Kepala Instansi Vertikal Kabupaten Sanggau, Kapolsek se-Kabupaten Sanggau dan Camat se-Kabupaten Sanggau.

Sambutan Sekretaris Daerah Kab.Sanggau “Hari ini berbicara terkait persiapan perayaan natal dan menyambut tahun baru 2018 yang dimana ada beberapa yang dibicarakan yaitu persediaan 9 bahan pokok, Distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM), Kesiapan angkutan umum atau sarana transportasi, Kesiapan PLN dalam melayani kebutuhan listrik bagi masyarakat, Persiapan mobilitas barang, Pengamanan tempat hiburan yang berindikasi mengganggu ketentraman masyarakat, Persediaan air bagi masyarakat, Peredaran Narkoba dan produk makanan yang terkontaminasi narkoba dan Kriminalitas atau Radikalisme.”

Sesuai dengan hasil paparan dari beberapa SKPD dan Instansi Vertikal Kab.Sanggau dalam mempersiapkan perayaan natal 2017 dan menjelang tahun baru 2018 melaporkan hal yang sama bahwa terhadap hasil tinjauan hasil lapangan melalui Inspeksi Mendadak (Sidak) yaitu persediaan barang mencukupi dan harga barang stabil menjelang natal 2017 dan tahun baru 2018. Tetapi ada beberapa Kecamatan harga barang dipasar naik seperti di Kec.Meliau Terkait dengan harga gas elpiji dari harga Rp22.000 menjadi Rp25.000.

Selanjutnya paparan dari Instansi Vertikal terkait dengan persiapan perayaan natal 2017 dan tahun baru 2018. PLN Rayon Sanggau “Kondisi PLTD Semboja daya mampu mencapai 29 Mega Watt dan untuk seluruh Sanggau bisa mencapai 18 Mega Watt. Kami menghimbau mulai dari tanggal 18 Januari 2018 tidak ada lagi proses pemeliharaan penjaringan. Untuk Kab.Sanggau tidak ada lagi kendala masalah teknis, mesin dan pemadaman berencana karena mesin PLN Kab.Sanggau sudah cukup baik.” (Ujarnya)

PDAM Kab.Sanggau “Kurang lebih 1 bulan air di sanggau tidak mengalir dikarenakan ada bencana alam kayu beringin tumbang menimpa mesin PDAM. Untuk sekarang khususnya Sanggau sudah berjalan dengan lancar bahkan lebih lancar dari sebelumnya karena kita menggunakan mesin baru yang lebih besar.” (Ujarnya)

Dinas Perhubungan Kab.Sanggau “Kami menghimbau kepada pengusaha kendaraan angkutan transportasi agar menggunakan kendaraan dengan berbagai kelengkapan seperti pajak dan bagi kendaraan umum untuk menggunakan perlengkapan yang lengkap supaya pada saat perayaan natal 2017 dan tahun baru 2018 tidak terjadi yang tidak diinginkan. Ada beberapa titik tertentu kami langsung kelapangan untuk memantau dalam perayaan natal dirumah ibadah dan tahun baru untuk bisa memarkirkan kendaraan secara teratur dan juga kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Sanggau melalui radio-radio yang ada di Kab.Sanggau.” (Ujarnya)

Sat-Pol PP Kab.Sanggau ”Untuk menjelang perayaan natal dan tahun baru 2018 kami dari Satpol PP akan melakukan penjagaan beberapa titik seperti di Pujasera, Dermaga Erna dan Terminal Bus dan pada saat natal kami akan memantau langsung ditempat rumah ibadah.” (Ujarnya)

Kapolres Kab.Sanggau “Antisipasi menjelang perayaan natal dan tahun baru 2018 kami dari Polri dan TNI seirama akan mati-matian untuk menjaga keamanan masyarakat Sanggau dari ancaman terorisme. Kami sudah sepakat bahwa masyarakat Sanggau keamanan tidak boleh terganggu. Berbicara bahan pangan kami dari selaku pihak Polri, Pemerintah Daerah Sanggau dan TNI akan memantau langsung kelapangan untuk melihat harga bahan pangan dipasar dan jangan sampai bahan pangan yang ada dipasar terkontaminasi zat berbahaya seperti narkoba.” (Ujarnya)

PASI Intel Kodim “Kami akan mendukung semua kegiatan Pemerintah Daerah Sanggau dan kami siap membantu Polri, Satpol PP dalam upaya menjaga keamanan masyarakat Sanggau dalam menjelang perayaan natal 2017 dan tahun baru 2018.” (Ujarnya)

BNN Kab.Sanggau “Berbicara tentang Narkotika  bahwa seorang pecandu narkoba sulit untuk dihentikan kalau tidak dari hati nuraninya dengan cara rehabilitas. Sanggau adalah pintu gerbang utama dari negara tetangga. Selama 2 bulan sempat reda pengedaran narkoba dari negara tetangga karena kami berhasil menangkap dan menembak pengedar narkoba tetapi sekarang sudah mulai kembali operasi suvlay pengedaran narkoba.” (Ujarnya)

Penulis: Alfian

Editor: Izar