Bupati Sanggau Resmikan Gereja Santa Clara Entakai II

Sanggau – Gereja Katolik Santa Clara Dusun Entai II Desa Entakai Kecamatan Kapuas Telah diresmikan oleh Bupati Sanggau, Minggu (19/1/2020) Pagi.

Prosesi peresmian, rombongan Bupati Sanggau dan Uskup Sanggau disambut dengan upacara adat masyarakat setempat, adapun upacara adat tersebut diantaranya : pomang adat, pancung buluh muda, penginjakan telur, pengalungan sal, tincong tuak dan rombongan diiringi dengan tarian adat menuju lokasi gereja yang akan diresmikan.

Peresmian ditandai dengan pembukaan plang nama gereja oleh Bupati Sanggau, pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK Kabupaten Ny. Arita Apolina Paolus Hadi dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Sanggau dan Uskup Sanggau, kemudian pemberkatan luar dan dalam gereja dilakukan oleh Uskup Sanggau.

Ketua pembangunan gereja Raimundus Woro melaporkan bahwa pembangunan gereja dimulai sejak 1 mei 2016 lalu, dengan luas bangun 10×18 meter persegi, menelan biaya sebesar Rp. 376.874.398, adapun sumber biaya tersebut dihimpun dari uang kas gereja, iuran umat, uang kolekte, hasil penjualan material gereja lama, bunga tabing cu, dana hibah pemerintah daerah Kabupaten Sanggau, dana dari Keuskupan Sanggau dan dana dari Paroki Katedral Sanggau.

Selanjutnya Pastor Paroki Katedral Keuskupan Sanggau Albert Yance, Pr menambahkan jika dibandingkan dengan kabupaten maka pembangunan gereja ini termasuk murah itu artinya banyak swadaya masyarakat (umat) dalam bentuk tenaga, puji dan syukur setelah sekian lama akhirnya satu gereja di Paroki Katedral telah diresmikan dan dalam waktu dekat ada tiga gereja lagi yang pasti akan diresmikan diwilayah Paroki Katedral diantaranya : gereja Majau Tengah, gereja Enjaber dan gereja Kopuk I. Sedangkan yang masih proses pembangunan secara nasional gereja Selampung dan gereja Sompu. Kemudian pada tahun ini akan dimulai pengerjaannya gereja Kopuk II, gereja Ribau dan gereja Sungai Kunang.
“Ada tiga syarat jika masyarakat/umat ingin mengusulkan pembangunan gereja kepada Paroki diantaranya: 1.Setiap hari minggu umat ramai yang sembayang, 2. Swadaya umat dikumpulkan dalam bentuk material maupun tenaga, 3.Semangat iman umat dan kekompakan. Jika ketiga hal tersebut terpenuhi maka datanglah kepada Pastor Paroki dan mari kita bangun secara bersama”Jelas Pastor Paroki, Albert Yance.

Uskup Sanggau Mgr. Giulio Mencuccini dalam sambutannya mengatakan, gereja ini merupakan gereja yang ke 901 diberkatinya semenjak menjadi Uskup Sanggau, Gereja ini dibangun atas dasar iman dan bukti cinta umat kepada Allah penciptanya, oleh karena itu berkumpulah dan berdoalah maka Tuhan hadir.

Kepada 78 orang yang sudah menerima Sakramen Krisma berarti sudah menerima kepenuhan anisiasi kristen, sakramen Krisma adalah sakramen pendewasaan dalam Iman, untuk itu jadilah Batu-batu hidup dalam pelayanan iman, hiduplah menjadi berkat bagi banyak orang dan jadilah saksi Kristus dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.I.P., M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah daerah bersama para pemimpin Agama yang ada, terus melakukan pembinaan kepada setiap umat beragama yang ada di Kabupaten Sanggau dalam mewujudkan Sanggau Budiman (Berbudaya dan Beriman). Untuk mendorong hal itu, pemerintah daerah telah menganggarkan untuk bantuan kepada umat dalam pembangunan saran ibadahnya namun swadaya masyarakat/umat sangatlah diperlukan sebagai bukti kesungguhan dan kekompakan umat tersebut.

Selanjutnya masyarakat (orang tua) diharapkan agar semangat menyekolahkan anaknya, mempersiapkan masa depan mereka agar lebih baik, berguna dan menjadi kebanggaan bagi keluarga, daerah maupun bangsa, jangan mengikuti gaya zaman sekarang motor mampu beli sampai dua maupun tiga tapi anak tidak sekolah maka sangat disayangkan sebab anak adalah aset keluarga. Sebaliknya kepada anak-anak muda rajin dan giatlah bersekolah, banyak membaca, belajar dengan sungguh-sungguh dan raihlah masa depan yang yang lebih baik.

Terkait gereja yang sudah diresmikan, kepada umat peliharalah dan jaga kebersihan bangun tersebut, rajinlah berdoa dan manfaatkan dengan kegiatan-kegiatan kerohanian, selamat kepada umat entakai II semoga iman masyarakat semakin bertumbuh.

Turut hadir pada kegiatan peresmian, anggota DPRD (Sisen, Rosni, Ratih dan Susana Harvena), Kadis Kominfo Ir. Yulia Theresia, Kepala Disosp3akb Yanto, Staf Ahli Bupati Ignasius Irianto, Kasat Pol PP Victorianus, Kadis Dukcapil Evald, Kadis Dikbud Sudarsono, Sekretaris Hanpang Hortikulturikan Kubin, Pastor Rekan Pastor Vinsen, Para Suster, Para umat dan tamu undangan lainnya.

Penulis : Sukardi