//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU, Tim verifikasi lapangan Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2019 melakukan kunjungan ke Kabupaten Sanggau pada Selasa (14/5/2019) pagi. Kunjungan verifikasi lapangan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) tersebut terkait dengan program KLA di Kab.Sanggau. Salah satunya dengan melakukan peninjauan terhadap beberapa fasilitas umum yang disediakan bagi anak.

Anggota Tim Verifikasi Lapangan KLA 2019 Nanang Acanan menjelaskan bahwa kedatangannya ke Kabupaten Sanggau yakni untuk melakukan pengecekan kesesuaian data dengan kondisi riil di lapangan.

Menurutnya, dari pengamatan di lapangan, hasilnya sudah ada beberapa yang sesuai dengan data yang diperoleh. Hasil tersebut diperoleh dari beberapa penilai yang terbagi dalam beberapa kriteria. Antara lain, kriteria kebijakan dan pemenuhan hak anak. Kemudian kriteria bahwa anak tidak boleh menikah sebelum umur 18 tahun.

“Kriteria selanjutnya yakni ketersediaan kelompok kesenian dan olehraga untuk anak. Ada pula adanya taman baca dan taman bermain untuk anak. Dimana fasilitas-fasilitas tersebut aman digunakan oleh anak-anak,” terangnya.

Kedatangan tim Verifikasi Lapangan KLA 2019 ke Kabupaten Sanggau disambut langsung oleh Bupati Sanggau, Paolus Hadi,S.IP,M.Si. Adanya Peraturan Daerah (Perda) yang melindungi anak ini, diyakini memiliki poin yang cukup bagus karena memberikan perlindungan terhadap hak anak di Sanggau untuk anak-anak maupun disabilitas, kita permudah, kita cukupi. Taman kota sudah kita siapkan,” ungkap Bupati Sanggau.