Atasi Sampah Plastik, Pemkab Sanggau Hibahkan Mesin Pencacah kepada Bank Sampah Kampung Lestari dan Bank sampah PKBM Desa Nusantara

S A N G G A U – Dilaksanakan Penyerahan Mesin Pencacah Plastik Genset dari Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kabupaten Sanggau kepada Bank Sampah Kampung Lestari dan Bank Sampah PKBM Desa Nusantara bertempat di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kab.Sanggau Jl.RE Martadinata Kel.Tanjung Sekayam Kec.Kapuas Kab.Sanggau, pukul 09.52 WIB, Selasa (13/07/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Sanggau Drs.Yohanes Ontot, M.Si, Dandim 1204 / Sanggau Letkol Inf Affiansyah, SP, Plt. Kadis Lingkungan Hidup Kab.Sanggau Agus Sukanto, S.HUT, Danramil 1204-01/Kapuas Kapten Inf Eko Prasetyo Widodo, Pembina OSIS SMK PDN Sanggau Gusti Baiturrahman, S.Pd, Kades Desa Pedalaman Kec.Tayan Hilir Bapak Sunarto.

Plt.Kadis Lingkungan Hidup menyampaikan mesin tersebut nantinya digunakan Bank Sampah Kampung Lestari dan Bank Sampah PKBM Desa Nusantara untuk mengelola sampah plastik. Sehingga diharapkan mampu memberikan dampak yang positif bagi lingkungan.

“Terima kasih kepada pemerintah atas bantuan dan kehadirannya sehingga kita dapat melaksanakan kegiatan penyerahan mesin pencacah plastik dapat berjalan dengan baik dan semoga di dalam bantuan ini dapat bermanfaat buat Kampung Lestari dan Desa Nusantara,” ujarnya

Wakil Bupati Sanggau dalam sambutannya “Mudah-mudahan dengan diberikannya bantuan peralatan ini, bisa maksimal dalam mengurai dan mengolah sampah di Wilayah Kab.Sanggau. Kita bersyukur dengan terobosan ini, maka sampah plastik bisa teratasi. Kita tahu bahwa sampah plastik ini sudah menjadi persoalan dunia,” ujarnya.

“Untuk itu sebagai motor penggerak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan sebagai leading sector dan kekuatan pokok yang harus dikerjakan sebagai tanggung jawab moral struktur berjenjang, tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan ini merupakan tanggung jawab moral kepada seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Sanggau, lingkungan menjadi kotor maupun bersih tergantung kepada dinas ini,” lanjutnya.

“Kedepan kita akan bekerja sama dengan TNI untuk mengurangi volume sampah baik di darat dan di air agar tidak berdampak pada leading sector yang akan mengakibat banjir dan sebagainya,” harapan Wakil Bupati Sanggau.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan penyerahan 2 Unit alat mesin pencacah plastik  secara simbolis oleh Wakil Bupati Sanggau kepada Kades Kampung Lestari Kec.Tayan Hilir Kab.Sanggau dan Pengelola Bank Sampah PKBM Desa Nusantara Kec.Kapuas Kab.Sanggau