//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau Drs.Yohanes Ontot, M.Si melaunchingkan tempat wisata Batu Posok di Desa Penyeladi, kegiatan tersebut mengusung tema “Destinasi wisata Batu Posok menuju desa wisata Penyeladi ecovillage”, Minggu pagi (7/4/2019) pukul 09.30 WIB.

Hadir pada kesempatan tersebut Kadis Porapar Kabupaten Sanggau F.Meron, S.Sos, M.Si, Ketua GOW Kabupaten Sanggau Ny.Yohana Kusbariah Ontot, M.Si, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Camat Kapuas Drs.Alipius, M.Si beserta istri, Forkompimcam, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Ketua Pokdarwis Feri Risaldi, Anggota Pokdarwis dan seluruh masyarakat.

Kedatangan Wakil Bupati Sanggau beserta rombongan disambut meriah oleh masyarakat, serta disambut dengan halunan pantun, hadrah dan Tarian Khas Melayu.

Pada kesempatan tersebut Ketua Kelompok sadar Wisata (Pokdarwis) menyampaikan bahwa dulu wisata alam batu posok pernah menjadi tempat istimewa yang banyak dikenal masyarakat Sanggau.

“Dengan melalui penyeladi ngerayak ini merupakan ide-ide kreatif dari anak-anak muda Penyeladi. Adapun latar belakang terbentuknya batu posok ini, karena kami ingin pemuda-pemuda Penyeladi untuk terus berpikiran positif dan kreatif. Dengan adanya wisata alam Batu Posok, Penyeladi bisa terkenal dan eksis. Perlu kami sampaikan bahwa luasan lahannya kurang lebih satu hektar dan didukung dengan beberapa spot yang kita tonjolkan, wisata utama adalah air, disertai dengan rumah pohon, hammock dan gua batu posok sebagai pemanis. Pada kesempatan ini kami perlu bimbingan atau arahan dari Bapak Wakil Bupati Sanggau agar bisa meningkatkan peluang pertumbuhan perekonomian masyarakat.” (Jelasnya)

Selanjutnya, Camat Kapuas menyampaikan pada hari ini Penyeladi telah mengukir sejarah dengan melalui (Penyeladi ngerayak).

“Dulu pada masanya batu posok pernah berjaya, setelah beberapa tahun kemudian menjadi berubah dan perlu perhatian kita semua untuk mengembangkannya. Sekarang para generasi millenial ingin membangkitkan kembali sejarah Batu Posok, yang mana dulu orang tua kita masih ingat dengan Batu Posok yang pernah menjadi tempat andalan. Harapan kedepan ingin Penyeladi ini seperti harapan para generasi millenial kita, bahwa ingin menjadikan Penyeladi menjadi desa mandiri. Adapun salah satu yang menjadi indikatornya yaitu tempat wisata seperti halnya menjadikan batu posok ini tempat wisata alam. Tentu untuk merubah itu semua perlu didukung dari aspek kebersihan dan kesehatannya. Maka dari itu Batu Posok ini kedepan perlu dipikirkan kita bersama seperti halnya mengenai fasilitas-fasilitas untuk ketersediaan di wisata alam Batu Posok ini, contohnya dibangun tempat toilet. Berharap para investor dan perusahaan yang ada disini agar mensupport Desa Penyeladi ini dalam hal kebersihan. Sehingga dengan adanya wisata alam Batu posok ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Penyeladi.” (Ujarnya)

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati sanggau menyampaikan “Pada hari ini kita akan melaunchingkan wisata alam Batu Posok. Disampaikan untuk kita semua untuk bisa lebih menggaungkan objek wisata ini untuk lebih dikenal oleh pihak luar atau masyarakat luar. Akan tetapi yang terpenting juga adalah berkaitan dengan status tanah. Sehingga dalam pengelolan lebih lanjut tidak dipersoalkan, agar kedepan apa bila status tanahnya jelas maka Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau tidak ragu untuk mengembangkan daerah ini menjadi objek wisata alam yang ada di Kabupaten Sanggau. Perlu saya sampaikan bahwa Pokdarwis dan masyarakat harus memiliki jiwa yang kuat dalam kebersamaan untuk membangun tampat wisata ini, karena dengan tanah seluas ini, apa saja yang ingin kita kembangkan lagi, seperti misalnya perlunya dibangun toilet dan tempat sampah untuk menjaga kebersihan dilingkungan, agar tempat objek wisatanya tetap nyaman dan nyaman dilihat dan juga harus kompak sehingga nanti apa bila sudah berkembang yang menerima hasilnya bukan hanya Pokdarwis saja, akan tetapi juga masyarakat setempat merasakannya,” (Ujarnya)

“Juga bagaimana mengembangkan daerah ini dengan tidak merusak atau menebang pohon-pohon yang ada dan berupaya untuk bisa menanam pohon kembali, dengan memperkayakan jenis-jenis pohon seperti misalnya pohon produktif dan non produktif. Yang juga tidak kalah penting perlu dipikirkan mengenai area parkiran untuk para pengunjung,” (Tuturnya)

“Untuk mempromosikan objek wisata ini, perlu gerakan masyarakat sebagai agen promosi wisata alam Batu Posok yang terus dikembangkan, dijaga dan dilestarikan. Hari ini menjadi langkah awal kita, agar kedepan wisata alam Batu Posok ini menjadi destinasi wisata Kabupaten Sanggau yang dikenal oleh masyarakat luas.” (Sambungnya)

Wakil Bupati Sanggau meninjau spot-spot yang ada di wisata alam Batu Posok Penyeladi.

Penulis : Alfian