Wakil Bupati Sanggau Resmikan Penggunaan Gedung Baru Puskesmas Teraju

0 183

//Sukardi Diskominfo-Sgu//

SANGGAU, Dengan ditandai pengguntingan pita oleh ketua GOW Kabupaten Sanggau Ny.Kusbariah Ontot dan penandatanganan prasasti oleh Wakil Bupati Sanggau Drs.Yohanes Ontot,M.Si akhirnya penggunaan gedung baru puskesmas teraju kecamatan toba resmi digunakan, kamis (8/2/2018) Siang.

Dalam sambutannya, Kepala Puskesmas Teraju Filipus melaporkan bahwa hadirnya bangunan gedung baru puskesmas ini merupakan dukungan pemerintah daerah dan merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat teraju saat ini karena sebelumnya masyarakat sangat mendambakan bangunan puskesmas yang sangat memadai.

Disamping itu, hadirnya gedung puskesmas yang cukup megah ini dan didukung dengan fasilitas yang ada sehingga diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan baik pula.

Berikut mengenai personil (tenaga) yang ada puskesmas saat ini, diantaranya : dokter umum 2 orang, dokter gigi 1 orang, perawat 12 orang, bidan 10 orang, tenaga lab 1 orang, farmasi 1 orang, gizi 1 orang, pekarya 4 orang sehingga total keseluruhan tenaga yang bekerja di puskesmas teraju sebanyak 33 orang. Kemudian untuk wilayah kecamatan toba juga terterdapat 4 buah bangunan pustu dan terdapat 7 puskesdes.

Camat Toba Jamain,S.Sos menyampaikan kita patut berbangga hati karena kehadiran puskesmas yang sangat representatif yang sudah lama didambakan masyarakat selama ini akhirnya dapat berdiri di teraju dan telah diresmikan oleh Wakil Bupati Sanggau.

Berikut untuk wilayah kecamatan toba selama ini sudah banyak mendapatkan kucuran dana dari pemerintah daerah kabupaten sanggau untuk pembangunan wilayah kecamatan toba dan pada tahun 2016 puskesmas teraju mendapatkan bantuan mobil ambulance dari pemerintah daerah untuk operasional kelancaran kegiatan puskesmas selama ini.

pada tahun 2018 masyarakat kecamatan toba akan mengentaskan jamban sehat dan masyarakat dihimbau agar buat WC dirumah masing-masing sehingga tidak lagi membuang kotoran di sungai, harapnya.

Kadis Kesehatan dr.Jones Siagian,M.Qih dalam kesempatan itu mengatakan bahwa dirinya merasa senang dimana peresmian puskesmas ini sekaligus nostalgia bagi dirinya bersama keluarga. hal itu dikatakannya karena di teraju inilah dirinya bertugas pertama kalinya.

hal lain, bidang kesehatan masyarakat, puji Tuhan kabupaten sanggau sampai saat ini angka usia harapan hidup kabupaten sanggau menempati rengking ketiga dari empat belas kabupaten kota Se-Kalbar, peringkat pertama kota pontianak, kedua ditempati kabupaten kubu raya dan kabupaten sanggau peringkat ketiga.

Berikut Kabupaten Sanggau sampai saat ini terdapat 19 puskesmas dari 15 kecamatan dan 12 puskesmas terstandardisasi dan di tahun 2018 ini terus melakukan peningkatan terhadap puskesmas yang belum standarisasi.

Menurut lembaga survei dalam penilaiannya bahwa pelayanan kesehatan di kabupaten sanggau sampai sekarang sangat memuaskan maka untuk itu kita terus melakukan peningkatan kualitas pelayanan kedepannya.

Wakil Bupati Sanggau Drs.Yohanes Ontot,M.Si dalam kesempatan peresmian tersebut menitipkan pesan agar bangunan puskesmas yang baru diresmikan itu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat, jaga kebersihan lingkungannya, layani pasien dengan baik, ramah dan santun.

Berikut dengan hadirnya puskesmas yang sudah memadai ini, masyarakat semakin terlayani dengan baik, sehingga angka usia harapan hidup masyarakat pun semakin baik dan meningkat pula, harapnya.

Berikut Kepada tim kesehatan yang bertugas di puskesmas teraju agar tetap menjaga kekompakan, penuh semangat, terutama berikan pelayanan prima kepada masyarakat dengan baik, pungkasnya.

Disamping itu, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, berikan sosialisasi kepada masyarakat agar dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat, sehingga terwujudnya sanggau sehat sesuai yang tertuang dalam seven brand image program kerja pemerintah daerah kabupaten sanggau selama ini.

Terkait Pilkada serentak, kepada seluruh masyarakat kabupaten sanggau dihimbau agar dapat menjaga situasi yang aman, damai dan kondusif, mari kita semua ciptakan pilkada yang aman, damai dan lancar.

Hadir dalam acara peresmian tersebut, Asisten Pemerintahan Willy Brodus, Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Ignatius Irianto , Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan HAM Yakobus, Kadis Kesehatan Jones Siagian, Kadis Pemdes Siron, Kadis Kominfo Yulia Theresia, Kaban Pendapatan Daerah Suhardi TB, Kaban Penanggulangan Bencana Daerah Vicky, Anggota DPRD Kabupaten Sanggau, Forkopincam Toba, Tim Kesehatan, Tokoh Masyarakat/Pemuda/Agama/Adat dan Para Tamu Undangan lainnya.

Penulis : Sukardi

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.