RAKOR TIM DESK DALAM RANGKA MENYONGSONG PILKADA SERENTAK DI KAB.SANGGAU

0 31

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU, Kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) tim Dukungan Elemen Satuan Kerja (Desk) dalam rangka menyongsong Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada tanggal, 27 juni 2018 mendatang di Kab.Sanggau bertempat Ruang Musyawarah Lantai 1 Kantor Bupati Sanggau, Jum’at pagi (8/6) pukul 09.00 WIB.

Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Pjs Bupati Sanggau dalam hal ini diwakili Asisten Pemerintahan, Hukum dan HAM Setda Kab.Sanggau Willybrordus Welly, S.Sos, M.Si sekaligus selaku Ketua Tim Desk Pilkada 2018, Kepala Kantor Kesbangpol dan Linmas Kab.Sanggau Antonius, S.Sos sekaligus selaku Wakil Ketua Tim Desk Pilkada 2018, Ketua KPU Sekundus Ritih, SE, Camat se-Kab.Sanggau, Kepala OPD atau yang mewakili.

Pada kesempatan ini Kakan Kesbangpol dan Linmas Kab.Sanggau juga sekaligus selaku Wakil Ketua Tim Desk Pilkada 2018 menyampaikan yang berkaitan dengan tugas untuk yang terlibat dalam anggota Tim Desk Pilkada tersebut, yaitu seperti memonitor dalam kegiatan Pilkada nanti, hal ini disampaikan dalam penyampaiannya.

“Ada beberapa yang masuk dalam pertimbangan kita yang berkaitan dengan revisinya SK Tugas Tim Desk Pilkada tersebut, yaitu salah satunya dalam keanggotaan. Tentu saja berdasarkan arahan bahwa revisi tersebut bisa berjalan dengan baik. Dan perlu juga kami sampaikan bahwa pada kesempatan ini belum bisa dibagikan SK tugasnya, karena masih dalam proses penandatanganan. Adapun tugas Tim Desk Pilkada 2018 ini adalah untuk memantau atau memonitor dalam pelaksanaan Pilkada mendatang. Secara fungsional sebenarnya sudah melaksanakan, seperti dari tim sekretariat yang menangani hal-hal yang bersifat administrasi.  Perlu kami sampaikan bahwa dalam Tim Desk Pilkada ini memang tidak ditunjuk kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah, yang ditunjuk hanya SKPD yang berkaitan erat dengan Pilkada nnti seperti Diskominfo Kab.Sanggau, Satpol-PP Kab.Sanggau dan Disdukcapil Kab.Sanggau. Jadi tidak semua SKPD masuk dalam Tim Desk tersebut.  Akan tetapi  pada hari menjelang Pilkada nanti kita akan buatkan surat tugas berupa kegiatan pemantauan, yang mana itu dilakukan oleh seluruh Kepala Perangkat Daerah untuk melakukan pemantauan pada hari pemilihan nnti. Untuk itu maka perlu peran para Camat kita dudukkan sebagai anggota Tim Desk karena untuk membantu memantau kegiatan Pilkada nanti ditingkat Kecamatan. Terkait dengan tugas Tim Desk Pilkada secara keseluruhan bahwa kita ini untuk memantau dalam kegiatan Pilkada mendatang berupa dalam perencanaan, pelaksanaan dan hasil akhir atau laporan.” (Jelasnya)

Lebih lanjut, pada kesempatan ini juga Ketua KPUD Kab.Sanggau menyampaikan dalam sambutannya “Perlu kami sampaikan untuk Satpol-PP nanti akan dapat baju Linmas dan juga topi. Juga pada kesempatan ini kami sampaikan bahwa peran camat selaku ASN tingkat kecamatan sangatlah penting untuk membantu dalam memantau dan memastikan kegiatan Pilkada mendatang berjalan dengan baik dan sukses. Camat mungkin bisa berkoordinasi dengan forkompimcam terhadap pengamanan-pengamanan dalam segi logistik dalam Pilkada nnti,  maka dari itu peran para camat sangat dibutuhkan.” (Jelasnya)

Kembali dipertegas oleh Asisten Pemerintahan, Hukum dan HAM Setda Kab.Sanggau sekaligus selaku Ketua Tim Desk Pilkada “Perlu kami sampaikan bahwa kita ini tergabung dalam Tim Desk Pilkada yang bersifat berkoordinasi dan memantau dalam semua kegiatan Pilkada mendatang. Dan kita sudah diberikan tanggungjawab berupa SK tugas dari Bupati, yang mana kita wajib memonitor selama kegiatan Pilkada nanti. Yang terlibat dalam SK Tim Desk Pilkada ini bahwa tidak diberikan cuti bersama pada tanggal 11 juni nanti, dan tetap masuk seperti biasa, karena memang harus standby, tetapi cuti tersebut bisa diganti dihari libur tahunan.”(Jelasnya)

“Untuk itu dengan adanya kepentingan keanggotaan Tim Desk Pilakada ini saya rasa perlu dibentuk group WhatsAap Tim Desk tersebut untuk bisa selalu berkoordinir dan saling menginformasikan yang berkaitan dengan Pilkada. Terkait dengan peran para Camat ditingkat Kecamatan ini sangat penting sekali karena untuk mendukung berjalan dengan lancar dan suksesnya Pilkada serentak yang akan datang.”(Sambungnya)

Penulis : Alfian

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.