RAKOR LINTAS SEKTORAL DALAM RANGKA MENGHADAPI BULAN SUCI RAMADHAN DAN PERKEMBANGAN SITUASI KAMTIBNAS SKALA NASIONAL, REGIONAL DAN LOKAL WILAYAH KAB.SANGGAU

0 45

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU, Kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dalam rangka menghadapi bulan suci Ramadhan dan perkembangan situasi Kamtibnas skala nasional, regional dan lokal wilayah Kabupaten Sanggau bertempat Ruang Musyawarah Lantai 1 Kantor Bupati Sanggau, Rabu pagi (16/5/2018) pukul 09.00 WIB.

Hadir pada kesempatan ini PJS Bupati Sanggau Drs.Moses Tabah, M.Si, Kapolres Sanggau AKBP Rachmat Kurniawan, SH, S.Ik, MM, Dandim Sanggau Letnan Kolonel Inf Herry Purwanto, S.Sos, Kasat Intel Kejaksaan Negeri Sanggau Imam, Asisten Pemerintahan, Hukum dan HAM Willybrordus Welly,S.Sos, M.Si, Kepala OPD Kab.Sanggau, Camat se-Kab.Sanggau dan Kapolsek se-Kab.Sanggau.

Adapun maksud dan tujuan dengan kegiatan ini untuk menyampaikan kepada masyarakat  Sanggau hal-hal yang berkaitan dengan menjelang bulan suci ramadhan dan terjadinya aksi teror yang terjadi pada saat ini. Untuk menyikapi hal yang diatas, apa yang disampaikan oleh Kapolres Sanggau sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Dandim Sanggau dalam paparannya.

“Dengan adanya kegiatan ini guna untuk samakan persepsi dan gerak langkah kita apa yang bisa kita hadirkan dalam semua kegiatan masyarakat termasuk dibulan suci Ramadhan. Adapun kondisi saat ini perlu kita pertimbangkan dalam rangka memasuki bulan suci Ramadhan yang diawali dengan kondisi secara nasional yang mana sekarang beredarnya isu terorisme, juga kegiatan Asean Games sudah diambang mata dan sepatutnya kita sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) mendukung penuh dan mensukseskan kegiatan Asean Games tersebut, meskipun pelaksanaannya bukan diwilayah kita akan tetapi membawa nama Indonesia. Berbicara tentang terorisme bahwa mereka tersebut adalah orang sesat yang mengatasnamakan agama Islam, tetapi perbuatan mereka sangat bertentangan dengan ajaran Islam. Bahkan para Ulama pernah menyampaikan bahwa aksi teror ini adalah perbuatan terkutuk yang bisa menghilangkan nyawa orang banyak. Pihak Kepolisian bersama TNI sudah bekerjasama selalu siap siaga supaya didaerah kita tetap aman dari aksi teror tersebut.Berbicara dalam kesiapan menjelang bulan suci Ramadhan sudah melakukan himbauan kepada seluruh Kapolsek se-Kab.Sanggau untuk melakukan sidak dipasar-pasar dalam rangka mengecek apakah kebutuhan pokok yang dijual terdapat kadaluarsa atau tidak dan juga memantau stabilitas harga dalam menjelang Ramadhan.” (Jelasnya)

Disamping itu Dandim Sanggau menambahkan dalam paparannya “Perlu kami sampaikan pada kesempatan ini menyampaikan untuk masalah PLN, meskipun mati lampu akan tetapi jangan sampai mati lampu disaat masyarakat berbuka puasa maupun diwaktu sahur, karena bisa menggangu masyarakat kita yang menjalankan aktivitas ibadah selama dibulan puasa. Dan himbauan untuk PDAM bahwa banyak masyarakat mengeluh dengan tidak jalannya PDAM, berharap selama dibulan suci Ramadhan ini PDAM bisa berjalan dengan lancar.” (Sambungnya)

Apa yang disampaikan oleh Kapolres Sanggau dan Dandim Sanggau kembali dipertegas oleh PJS Bupati Sanggau dalam paparannya yang mengatakan “Himbauan untuk PLN agar tidak sering mati lampu apabila saat bulan suci Ramadhan, yang mana jangan sampai masyarakat kita saat berbuka puasa maupun diwaktu sahur terjadi mati lampu, karena bisa menggangu aktivitas masyarakat yang menjalankan ibadah puasa. Berkaitan dengan aksi teror saat ini kami menghimbau kepada masyarakat Sanggau agar tidak merasa takut. Kita percaya bahwa pihak Kepolisian dan TNI bisa mengatasi dan menjaga keamanan didaerah kita dan tentu juga perlu kerjasama dengan masyarakat. Perlu kami sampaikan kepada masyarakat untuk masalah video maupun foto yang beredar tentang aksi teror ini agar tidak disebarkan, karena bisa menimbulkan efek rasa takut, resah dan mencekam terhadap masyarakat luas. Berbicara tentang menjelang bulan suci Ramadhan ini agar para Camat se-Kab.Sanggau untuk bisa menghimbau kepada masyarakat diwilayah kerjanya masing-masing yang memiliki warung makan dan minum untuk bisa warungnya ditutup dengan tirai agar tidak terlalu nampak langsung dari luar  dan juga menghormati masyarakat kita yang lagi menjalankan ibadah puasa. Untuk Pilkada serentak mendatang untuk bisa lakukan dengan bijaksana, karena Pilkada adalah kesempatan kita dalam memilih Pemimpin Pemerintahan yang mempunyai pengalaman yang cukup dalam memimpin dan memilih pemimpin yang berkualitas. Kami himbau kepada masyarakat hindari politik uang, agama dan sara karena itu semua bisa menimbulkan konflik antar masyarakat dan juga golput jangan sampai terjadi dimasyarakat kita, karena kita adalah WNI yang bertanggungjawab dan melakukan kewajibannya dalam memilih pemimpin yang cerdas dan berkualitas.” (Tegasnya)

Selanjutnya pengucapan Deklarasi oleh Pemerintah Kab.Sanggau bersama Forkompimda Kab.Sanggau yang mengatakan “Kami Pemerintah Kab.Sanggau dan Instansi Vertikal mengecam keras aksi terorisme di Republik Indonesia”

Penulis : Alfian

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.