Pengurus Forikan Tingkat Kecamatan Dikukuhkan Oleh Ketua Forikan Sanggau

0 32

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU, Digelar pengukuhan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) tingkat Kecamatan yang ada di Kabupaten Sanggau, bertempat Gedung Pertemuan Umum (GPU) Kantor Camat Kembayan, Senin siang (20/8) pukul 12.00 WIB.

Hadir pada kesempatan ini Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalbar dalam hal ini di wakili Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Ir.Jauhari, Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi, S.IK, MH, Ketua Forikan Sanggau sekaligus Ketua TP-PKK Sanggau Arita Apolina, S.Pd, M.Si, Ketua GOW Sanggau Kusbariah Ontot, Ketua DWP Sanggau Agnes Leysandri, S.Pd, Anggota DPRD Sanggau, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan Hortikultura dan Perikanan Kab.Sanggau Ir.H.Jhon Hendri, M.Si, Camat Kembayan Drs.Inosensius Nono, Para Camat, Forkompimcam, Kepala OPD atau yang mewakili, Anggota Bhayangkari Kec.Kembayan, Anggota Persit Kec.Kembayan sera para undangan.

Pada kesempatan ini dibacakan Keputusan serta secara resmi dikukuhkan Pengurus Forikan oleh Ketua Forikan Kab.Sanggau dilanjutkan penandatangan Naskah Pengukuhan dan Penyematan Pin Forikan oleh Ketua Forikan Kab.Sanggau kepada pengurus Forikan Tingkat Kecamatan yang ada di kab.Sanggau antaralain; Kec.Kembayan, Beduai, Sekayam, Entikong dan Noyan.

Sambutan Ketua Forikan Kab.Sanggau “Perlu diketahui bahwa sepuluh kecamatan yang ada di Kab.Sanggau sudah dikukuhkan, dengan harapan yangvsudah dikukuhkan agar pengurus Forikan kabupaten ini memiliki program kerja yang terarah sehingga dapat mencapai tujuan utama forikan yaitu peningkatan konsumsi ikan khususnya Kab.Sanggau. Karena sampai tahun 2017 konsumsi ikan Kab.Sanggau baru mencapai 30 kg pertahun. Angka ini masih rendah dan jauh dari target nasional yaitu 40 kg pertahun. Salah satu upaya untuk meningkatka angka konsumsi ikan Kab.Sanggau ini adalah dengan pembentukkan pengurua Forikan tingkat kecamatan. Dengan adanya pengurus Forikan tingkat kecamatan ini diharapkan kecamatan juga dapat berpwran aktif melakukan kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) sampai ke desa-desa. Adapun yang menjadi sasaran yaitu tujuan utama anak-anak usia sekolah, karena anak-anak ini kelak yang diharapkan menjadi generasi penerus Bangsa yang sehat, kuat dan cerdas.” (Ujarnya)

Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalbar dalam hal ini diwakili Kepala Bidang Pengolahan Pemasaran Hasil Perikanan menyampaikan dalam sambutannya “Harapan saya dengan melalui lembaga ini kita bisa membantu untuk meningkat konsumsi ikan ditingkat Provinsi, kabupaten, kecamatan hingga di tingkat desa. Kegiatan ini akan berhasil ketika akan melibatkan stakeholder dalam medukung kegiatan kampanye Gemarikan. Untuk itu mari kita bekerja Bapak dan Ibu yang baru saja di kukuhkan, untuk memimikirkan bagaimana ikan ini bisa di konsumsi dan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kab.Sanggau.” (Ujarnya)

Pada kesempatan yang sama Bupati Sanggau menyampaikan “Melalui organisasi yang baru dikukuhkan ini untuk bisa memaksimalkan agar bagaimana masyarakat kita suka makan ikan, yang menjadi sasaran utama yaitu anak-anak masa pertumbuhan. Sehingga dapat terwujudnya masyarakat Kab.Sanggau yang sehat, kuat dan cerdas.” (Ujarnya)

Penulis : Alfian

Editor : Rizky

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.