MENTERI KESEHATAN RESMIKAN PUSKESMAS PERBATASAN KALIMANTAN BARAT

0 78

//DISKOMINFO-SGU//

Untuk kali kesembilan, Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Nila Djuwita F Moeloek ke Kalimantan Barat . Menteri Kesehatan RI, Nila F. Moeloek meresmikan gedung baru Puskesmas Entikong dan Puskesmas Balai Karangan di Sekayam, yang berada di daerah perbatasan indonesia-malaysia Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat Selasa (17/4/2018).

 

Puskesmas perbatasan dan daerah-daerah terpencil yang direnovasi menggunakan APBN 2017 tersebut totalnya 27 unit. Menkes mengatakan Kalau dulu sebutannya Puskesmas tapi sekarang boleh kita sebut dengan fasilitas kesehatan layanan primer. “Saya terharu dengan selesainya pembangunan dua puskesmas disini. Bisa kita lihat sendiri ini bangunan bagus sekali, ini bukti pemerintah tidak lupa dengan masyarakat perbatasan,” kata Menkes.

Nila mengatakan, infrastruktur kesehatan di perbatasan harus ditingkatkan sebagaimana komitmen pemerintah untuk menjadikan kawasan perbatasan sebagai etalase yang membanggakan.

“Dan pembangunan fasilitas kesehatan ini menjadi tontonan negara sebelah. Saya titip, apa yang sudah dibangun untuk dirawat dan dipelihara sebaik-baiknya,” ujarnya.

Perhatian pusat seperti ini harus disertai perbaikan-perbaikan berbagai fasilitas pelayanan kesehatan, terutama di daerah-daerah, diharapkan berdampak positif pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat Kalbar.“Ini kita harapkan bukan hanya fisik atau sarananya. Tetapi SDM-nya, mental-mental kita sebagai tenaga kesehatan, juga harus berubah.

 

Fasilitas kesehatan sudah megah, peralatannya juga sudah lengkap. Tetapi bagaimana dengan mental tenaga kesehatannya dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Sementara itu, Pjs. Bupati Sanggau Moses Tabah mengungkapkan terimakasihnya atas pembangunan dua puskesmas di kawasan perbatasan ini. Menurutnya, pembangunan dua puskesmas ini adalah bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat diwilayah perbatasan.

“Kami dari Pemerintah Daerah tentu berterima kasih kepada Pemerintah Pusat atas pembangunan dua puskesmas ini. Inilah jawaban untuk masyarakat yang selalu tanya-tanya, pemerintah berbuat apa, nah pemerintah sudah berbuat tapi memang tidak bisa sekaligus,” ungkap Moses Tabah.(DD)

Diakhir kegiatan peresmian dilakukan pemberian pelakat kepada Kejaksaan Negeri Sanggau dalam rangka mengawal pembangunan di Kabupaten Sanggau.

PENULIS : Rizky Kurniyawan S.Ap

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.