JAMAAH HAJI RESMI DIBERANGKATKAN, BUPATI SANGGAU BERPESAN SELALU KOMPAK DAN JAGA KESEHATAN

0 93

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU, Pelepasan calon Jamaah Haji Kabupaten Sanggau Tahun 1439 H/2018 M, secara resmi diberangkatkan oleh Bupati Sanggau Paulus Hadi,S.IP, M.Si, bertempat Halaman Kantor Bupati Sanggau, Senin pagi (30\7) pukul 08.00 WIB.

Hadir juga pada kesempatan ini Sekretaris Daerah Kab.Sanggau A.L.Leysandri, SH, Kapolres Sanggau AKBP Iman Riyadi, S.IK, MH, Dandim 1204/Sanggau Letkol Inf.Herry Purwanto, S.Sos, Ketua Pengadilan Negeri Sanggau Arief Boediono, SH, MH, Staff Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ignatius Irianto, S.Sos, M.Si, Asisten Pemerintahan, Hukum dan HAM Setda Sanggau Willybrordus Welly, S.Sos, M.Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sanggau H.Roni Fauzan, SE, M.Si, Kepala Kantor Kemenag Sanggau atau yang mewakili, Ketua TP-PKK Kab.Sanggau Arita Apolina, S.Pd, M.Si, Ketua DWP Kab.Sanggau Agnes Leysandri, S.Pd, Kepala OPD Kab.Sanggau, Camat Kapuas Drs.Alipius, Seluruh Calon Jamaah Haji Sanggau, serta keluarga, kerabat dan masyarakat yang ikut serta dalam acara pelepasan Calon Jamaah Haji Sanggau.

Perlu diketahui bahwa Calon Jamaah Haji Kab.Sanggau  kloter 13 tahun 2018 berjumlah 109 Jamaah, yang mana Calon Jamaah Haji laki-laki berjumlah 52 orang, Calon Jamaah Haji Perempuan berjumlah 57 orang, dengan Rincian masing-masing Kecamatan yaitu; Kapuas 54 orang, Tayan Hilir 11 Orang, Tayan Hulu 9 orang, Mukok 4 orang, Meliau 16 orang, Parindu 2 orang, Sekayam 9 orang, Kembayan 1 orang, Balai 3 orang. Di tambah 4 Petugas Pembantu Jamaah Haji Daerah ( PPHD) Kab.Sanggau antaralain; 2 orang Team Pendamping Haji Daerah (TPHD) Kab.Sanggau Iskandar Nurdin, SE dan Rustiono S.AP, untuk Team Pembimbing Ibadah Haji Daerah (TPIHD) Kab.Sanggau; Johansyah, S.Ag dan Team Kesehatan Haji Daerah (TKHD) Kab.Sanggau Muinah, S.KM.

Perlu disampaikan bahwa Calon Jamaah Haji 2018 yang tertua yaitu Marjuneb yang berusia 78 tahun dari Kec.Tayan Hilir dan untuk Calon Jamaah Haji termuda Meilani Nauli lubis berusia 28 tahun dari Kec.Tayan Hulu.

Sebagai pembuka kegiatan pelepasan Calon Jamaah Haji tahun 2018 Kepala Kantor Kemenag Sanggau dalam hal ini diwakili oleh Bapak Saukani, S.Ag menyampaikan dalam sambutan “Ucapan terima kasih kepada Bupati Sanggau yang telah memberikan support serta memfasilitasi para Calon Jamaah Haji dari manasik sampai pemberangkatan pada hari ini. Juga menghimbau kepada para Calon Jamaah Haji untuk selalu kompak dengan sesama Jamaah Haji, saling peduli, memikirkan rombongan, jangan memisahkan diri dari rombongan. Serta Jangan lupa berdoa untuk keluarga untuk kerabat yang belum berangkat semoga diberi kesempatan untuk bisa menunaikan ibadah haji. Juga tidak lupa berdoa untuk Kab.Sanggau agar semakin maju dan terdepan, maka dengan ini semoga Bapak Ibu kembali dengan selamat dan menjadi Haji dan Hajjah yang mabrur dan mabruroh.” (Ujarnya)

Pada kesempatan yang sama, apa yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Sanggau sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Bupati Sanggau dalam sambutannya dan sekaligus meresmikan pemberangkatan Calon Jamaah Haji Kab.Sanggau “Ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima dan merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam yang mampu menunaikannya. Pelaksanaan ibadah haji ini dilaksanakan setiap tahun oleh Pemerintah serta masyarakat lainnya. Disamping itu penyelenggaraan ibadah haji merupakan tugas Nasional dan menjadi tanggungjawab Pemerintah. Salah satu syaratnya para calon jamaah harus sehat jasmani dan rohani, maka dari itu kesiapan fisik jasmani dan rohani harus selalu dijaga dengan baik mengingat cuaca dan iklim serta suhu disana berbeda dengan di Indonesia, perlu disampaikan juga untuk mengkonsumsi makanan sesuaikan dengan kondisi fisik para jamaah. Himbauan untuk para jamaah agar tetap jaga kekompakan dan kebersamaannya, saling tolong-menolong, memelihara sopan santun, ahlak yang mulia dan tata pergaulan baik sesama jamaah maupun antar Negara dan bawalah nama baik Daerah dan bangsa Indonesia. Maka dengan ini saya sampaikan semoga para Calon Jamaah Haji kembali ketanah air dengan selamat dan menjadi Haji dan Hajjah yang mabrur dan mabruroh.” (Ujarnya)

Selanjutnya, Penyerahan dana bantuan biaya transportasi dan akomodasi serta sarana kesehatan kepada Calon Jamaah Haji serta bantuan obat-obatan dan masker dari Pemkab Sanggau secara simbolis kepada para Calon Jamaah Haji Sanggau dan Jamaah Haji Sanggau berangkat menggunakan 3 kendaraan Bus Damri serta dikawal oleh Polantas Sanggau dan Dishub Sanggau.

Penulis : Alfian

Editor  : Izar

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.