Diskominfo Sanggau Menyampaikan Sosialisasi Anti Hoax Di Desa Bagan Asam Kecamatan Toba

0 45

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sanggau melalui Kasi Pengelolaan Informasi Publik, Ishak, S.Sos, M.AP menyampaikan sosialisasi anti hoax kepada masyarakat ketika kegiatan pembinaan desa fokus di Desa Bagan Asam Kecamatan Toba, upaya terus dilakukan dalam menangkal informasi yang tidak benar di masyarakat, Kamis (11/10/2018).

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Forkompinda, Kadis PM-Pemdes Kabupaten Sanggau Siron, S.Sos, M.Si, Kadis KPTPHP Kabupaten Sanggau Ir.H. John Hendri, M.Si, Sekretaris DPM-PTSP Kabupaten Sanggau Ir.Zainal, DBMSDA Kabupaten Sanggau Aris Sudarsono, ST, Ketua GOW Kabupaten Sanggau Yohana Kusbariah Ontot, Camat Toba Jemain, Kapolsek Toba, Kades Bagan Asam Liliapati , Tokoh Agama/Adat/Masyarakat, serta masyarakat setempat.

Kadis Kominfo Kabupaten Sanggau melalui Kasi Pengelolaan Informasi Publik menyampaikan “Perlu kita ketahui bahwa hoax adalah palsu, bohong atau ketidakbenaran suatu informasi. Jadi hoax adalah sebuah tipuan dan kebohongan yang menyamar sebagai kebenaran. Peredarannya hoax memang lebih mudah berkembang di media sosial,” (Jelasnya)

Menurutnya, informasi atau berita hoax judulnya cenderung propokatif, isi beritanya sensasional, memanfaatkan isu-isu terkini dan tidak termuat di media lain.  Pemberitaan hoax ini tentu bertujuan untuk menipu, menebar kebencian, mengadu domba atau mengundang simpatik. Untuk sasaran hoax sendiri mereka sampaikan kepada kelompok masyarakat awam yang latar belakangnya berpendidikan rendah. (Ujarnya)

“Kelompok agama, suku, partai politik dan kelompok lainnya menjadi ladang yang subur untuk penyebaran hoax ini. Makanya kita harus bisa memilahnya, jangan sampai kita menjadi pelaku hoax. Misalnya satu orang yang menerima hoax tanpa menyaring berita terlebih dahulu atau mengecek kebenaran suatu berita, sehingga disebarkannya kepada teman-temannya atau masyarakat luas,” (Tuturnya)

Untuk itu untuk mencegahnya dengan cara diklarifikasi terlebih dahulu beritanya atau informasi yang diterima, cek konten pada media lain. Oleh karena itu kami mengimbau gunalah internet tersebut untuk hal-hal yang bermanfaat,” (Harapnya)

Penulis         : Alfian

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.