Bupati Sanggau Melaunching Program Desa Kamtibmas Dalam Mewujudkan Pembangunan Yang Lebih Baik

0 37

 

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si melaunching program Desa Keaman dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Polres Sanggau bertempat di Halaman Kantor Mapolres Sanggau, Selasa pagi (16/10/2018) pukul 08.30 WIB.

Turut hadir pada kesempatan ini Dirbinmas Polda Kalbar Kombespol Mujiyono, S.IK, Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi, S.IK, MH, Dandim Sanggau dalam hal ini diwakili Kepala Staff kodim Sanggau Mayor Inf.Rendra Satrio Wibowo, Forkompimda, Camat se-Kabupaten Sanggau, Kapolsek se-Kabupaten Sanggau, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Bhabinkamtibmas se-Kabupaten Sanggau, Kepala Desa se-Kabupaten Sanggau.

Sebagai pembuka kegiatan launching program desa Kamtibmas Kapolres Sanggau menyampaikan “Untuk melaksanakan launching program desa Kamtibmas di Polres Sanggau ini yaitu program dimana terealisasinya peningkatan problem solving yang dilaksanakan Bhabinkamtibmas terhadap semua permasalahan sosial yang terjadi ditengah masyarakat, Bhabinkamtibmas juga sebagai pioner program Pemerintah dalam bidang kemanan, ekonomi, pendidikan, agama, sosial, budaya, kesehatan dan bidang keamanan. Masalah Kamtibmas pada dasarnya adalah masalah yang sangat kompleks bahkan apabila tidak dipelihara dengan baik cenderung dapat meningkatkan kejahatan, baik kuantitas maupun kualitasnya. Kondisi demikian menuntut anggota  Polri untuk selalu berada ditengah-tengah masyarakat dan selalu melakukan pembenahan dalam melaksanakan tugasnya agar dapat memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan bagi masyarakat sehingga kehadiran Polri dirasakan nyata ditengah-tengah masyarakat dan tentunya membawa dampak positif dalam menunjang terlaksananya pembangunan nasional. “ (Jelasnya)

“Dalam pemeliharaan Kamtibmas, Polri tidak dapat bekerja sendiri akan tetapi memerlukan partisifasi masyarakat untuk dapat bersama-sama mencegah, menangkal dan menanggulangi kejahatan serta memecahkan gejala-gejala sosial yang dapat mengarah menjadi gangguan Kamtibmas, maka dalam rangka terciptanya kehidupan masyarakat yang terbebas dari gangguan, Polres Sanggau membuat suatu program yaitu program desa Kamtibmas yang mana menjadikan Bhabinkamtibmas multi talenta dalam mewujudkan program desa Kamtibmas.” (Tuturnya)

Selanjutnya, sambutan Dirbinmas Polda Kalbar menyampaikan “Berbicara keamanan maka menjadi salah satu kebutuhan yang hakiki oleh setiap manusia, apabila daerah tidak aman maka seluruh aktivitas di masyarakat tidak akan bisa berjalan. Maka dari itu yang menjadi modal utama penyelenggaraan pembangunan, baik di tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan bahkan tingkat Desa adalah Kamtibmas dalam mejaga kemananan di masyarakat. Demikian juga Kabupaten Sanggau bahwa keamanan menjadi modal utama dalam kemajuan pembangunan, maka dari ini akan dilaunchingkan program desa Kamtibmas untuk menjadi modal utama dalam membangun pembangunan yang lebih baik di Desa-desa. Adapun dalam mewujudkan desa mandiri yaitu dengan adanya partisifasi warga dalam rangka memperbaiki Poskamling, partisifasi masyarakat dalam melaksanakan Siskamling, menekan munculnya kriminalitas yang terjadi di Desa-desa, meminimalisir konflik yang terjadi. Menyikapi hal tersebut maka perlu Lurah/Desa untuk bisa memediasi ketika terjadinya konflik di desa. Oleh karena itu perlu bersinergi Bhabinkamtibmas dengan Lurah/Kades serta masyarakat untuk mewujudkan keamanan yang kondusif.” (Ujarnya)

Lebih lanjut, penyerahan piagam penghargaan kepada Dikbud Kabupaten Sanggau, Dinkes Kabupaten Sanggau, Dukcapil Kabupaten Sanggau, Dinas KPTPHP Kabupaten Sanggau, Dinas PM-Pemdes Kabupaten Sanggau, Disnakertrans Kabupaten Sanggau, Dinas SosP3AKB Kabupaten Sanggau, Disbunnak Kabupaten Sanggau, BPN Kabupaten Sanggau, Kantor Imigrasi Klas II b Kabupaten Sanggau, Kantor Kemenag Kabupaten Sanggau, Kantor P4TKI Entikong yang diserahkan langsung oleh Kapolres Sanggau terkait pembekalan kepada Bhabinkamtibmas oleh Dinas dan Instansi terkait selama dua hari di Polres Sanggau.

Pada kesempatan yang sama, sebelum dibuka secara resmi kegiatan launching program desa Kamtibmas oleh Bupati Sanggau menyampaikan “Pada kesempatan ini dalam rangka untuk mempersiapkan dalam melaksanakan betapa pentingnya kemanan dan ketertiban sebagai bagian dalam mewujudkan desa mandiri. Kemarin kami dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau sudah melaksanakan beraump bekudong yaitu pertemuan Pemerintah Desa hingga ke Pemerintah Kabupaten dalam rangka menyepakati berbagai hal agar apa yang disepakati bisa dilaksanakan. Kabupaten Sanggau sudah berjalan tujuh tahun memiliki program pendampingan desa dengan target desa bisa bertumbuh yaitu dengan nama program desa fokus, yang dilaksanakan oleh seluruh SKPD serta didukung oleh investor  agar pembangunan desa bisa difokuskan. Maka dari itu dalam rangka mewujudkan desa yang mandiri tersebut perlu gotong royong dari berbagai stakeholder sehingga apa yang diinginkan dan dicita-cita oleh masyarakat bisa terwujud.” (Tegasnya)

Selanjutnya, Penyerahan piagam penghargaan kepada Bhabinkamtibmas oleh Dirbinmas Polda Kalbar.

Penulis         : Alfian/Izar

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.