BUPATI SANGGAU MELAKUKAN PENGUKUHAN KLASTERISASI USAHA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT

0 67

//IZAR DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU, Program Pengembangan Kapasitas Usaha dalam hal ini Bupati Sanggau Paolus Hadi S.IP., M.Si., melakukan Pengukuhan Klasterisasi Usaha Perkebunan Kelapa Sawit di  Desa Kuala Boyan Dusun Kayu Ara Kec. Meliau Kab. Sanggau, Selasa 9 Oktober 2018.

Selain Bupati Sanggau hadir pula pada kesempatan kali ini Camat Meliau Raden Asmadi S.IP., M.Si., Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko PT. PNM M.Q Gunadi, Fasilitator Mei Ismoko, Kepala OPD Sanggau, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan seluruh warga Dusun Kayu Ara.

Bupati Sanggau beserta rombongan disambut hangat oleh anak-anak SD dusun Kayu Ara yang diiringi dengan Marcing Band. Prosesi pembuka sebelum menuju ke tempat acara Bupati Sanggau melakukan pancung buluh muda.

Fasilitator dalam sambutannya mengatakan “Tahap awal sebelum melakukan pembentukan pemberdayaan manusia, kami melakukan survey awal terhadap potensi dan permasalahan, baik dari aspek SDM, kelembagaan tani, budi daya, permodalan, kemitraan, maupun aspek potensi lokal yang mungkin untuk di kembangkan, yang tentunya bernilai ekonomis dan berdaya saing tinggi. Pada akhirnya program ini bertujuan untuk peningkatan ekonomi kerakyatan demi tercapainya kesejahteraan masyarakat”. (Ujarnya)

Sambutan Direktur PT. PNM “Kewajiban kami adalah bagaimana meningkatkan kapasitas usaha daripada pelaku usaha mikro dan juga bagaimana ikut bersama pemerintah mengetaskan kemiskinan, mengetaskan masyarakat prasejahtera yang diharapkan menjadi masyarakat yang sejahtera”. (Ujarnya)

Sambutan Bupati Sanggau “Klasterisasi merupakan suatu pengelompokan objek dalam hal ini adalah petani sawit yang ada di Dusun Kayu Ara dibentuk menjadi sebuah kelompok usaha. Pemerintah menyambut baik kegiatan ini karena dapat memberikan solusi bagi petani sawit dalam memajukan usaha mereka. Harapan kita Bersama semoga acara ini memberikan manfaat kedepannya bagi kita, terutama bagi para petani sawit dalam mengeola perkebunan sawit, sehingga diperoleh kesejahteraan Bersama”. (Tegasnya)

Selanjutnya penyerahan cindera mata dari Bupati Sanggau kepada Direktur PT. PNM dan dari Direktur PT. PNM kepada Bupati Sanggau.

Dilanjutkan dengan melihat hasil usaha dari setiap kelompok petani sawit yang telah di klasterisasi.

Penulis: Izar

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.