Audiensi Konsep Perencanaan, Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Menuju Sanggau Smart City

0 119

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Digelar kegiatan audiensi konsep perencanaan, pengembangan teknologi informasi dan komunikasi tentang smart government with integrate, smart tourism dan city branding, smart infrastructure oleh PT.Docotel Teknologi Celebes (PT.DTC) bertempat di ruang Musyawarah Lantai satu Kantor Bupati Sanggau, Senin (29/10/2018).

Hadir pada kesempatan ini Bupati Sanggau dalam hal ini diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Sanggau H.Joni Irwanto, S.IP, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sanggau Ir.Yulia Theresia, Direktur Utama PT.Docotel Teknologi Celebes Alfian Saputra selaku narasumber, Kepala OPD Kabupaten Sanggau atau pejabat yang mewakili.

Dalam sambutan Bupati Sanggau dalam hal ini diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Sanggau menyampaikan “Pada hari ini merupakan tantangan dan peluang kita kedepan dalam mewujudkan Sanggau smart city, perlu diketahui bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau telah mendorong dalam menyusun untuk menuju Sanggau smart city secara bersama-sama. Melalui Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau sudah membahas itu dan ketika dalam membangun sebuah aplikasi harus berkomitmen terlebih dahulu untuk bisa supply data yang akan diberikan kepada Dinas Kominfo. Menyikapi hal tersebut, bahwa dengan melalui kegiatan audiensi konsep perencanaan, pengembangan teknologi informasi dan komunikasi ini bisa menjadi strategi dimana tahun 2019 kita percayai Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau untuk mengintegrasi sebuah aplikasi seluruh SKPD di Kabupaten Sanggau.” (Ujarnya)

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kominfo Sanggau menyampaikan “Pada hari ini kita akan mendengarkan dari narasumber tentang integrasi aplikasi, di Sanggau sendiri berdasarkan tugas dan fungsinya bahwa Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau tempat dimana dalam mengintegrasikan sebuah aplikasi. Posisi dan kondisi pada saat ini dalam menghadapi integrasi memang belum pelaksanaannya, oleh sebab itu kita perlu menyusunkan perencanaan dulu. Pada dasarnya PT.DTC ini belum menjadi rekan kita, akan tetapi saya mengucapkan terimakasih yang mana PT.DTC ini bisa memberikan referensi kepada kita seperti apa dalam penyusunan perencanaan dari integrasi dan mall pelayanan dan kita mendapat tawaran untuk mengekspos bagaimana menyusun pengembangan smart city. Hal yang penting yaitu ingin mengetahui alur perencanaan dan penerapan seperti apa dengan melalui PT.DTC ini untuk kita dengar menjadi referensi untuk kita bersama dalam mengembangkan Sanggau smart city.” (Tuturnya)

selanjutnya, pemaparan materi oleh Alfian Saputra selaku Direktur Utama PT.DTC sekaligus narasumber menyampaikan “Kami sangat mengapresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau yang mana kami sudah disambut dengan cukup hangat. Berbicara tentang smart city pada dasarnya tidak ada didepan dan dibelakang, tren media satu Kabupaten/Kota yang terkenal adalah smart city. Yang bisa dikatakan smart city apa bila bisa mendefinisikan suatu permasalahan dan bisa menyelesaikan suatu masalah dengan melalui teknologi. Ada dua hal yang harus dikaji yaitu aplikasi dan infrastruktur, tanpa aplikasi tidak ada rencana yang kita buat. Perlu diketahui smart city mempunyai banyak lapisan antara lain; smart branding, smart govertnance, smart economi, smart society, smart health, smart education, smart mobility. Smart city adalah sebuah system kolaborasi seperti misalnya seluruh SKPD/Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau hingga Pemerintahan  Desa untuk bisa berkerjasama dan internet harus cepat masuk di Desa-desa, karena internet sangat berpengaruh terutama berkaitan dengan suatu informasi. Ada empat kunci smart infrastructure yaitu fiber optic, radio, cctv dan data center, sehingga Dinas Kominfo menjadi sebagai dasar dalam mengintegrasikan dengan data-data yang ada di SKPD.” (Jelasnya)

Penulis       : Alfian/Izar

Anda mungkin juga berminat Berita lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.