Penutupan Program TMMD ke-118 di Desa Kunyil, Kecamatan Meliau

//DISKOMINFO – SANGGAU/

SANGGAU – Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan, bertindak sebagai inspektur upacara sekaligus secara resmi menutup program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 yang telah dilaksanakan sejak satu bulan yang lalu, bertempat di Desa Kunyil Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau. Kamis (19/12023).

Penutupan ini dilakukan lantaran semua pembangunan fisik dan non-fisik sasaran TMMD ke-118 yang dilaksanakan Kodim 1204/Sgu di Desa Kunyil, Kecamatan Meliau secara keseluruhan sudah terselesaikan dan ini sebagai bentuk sinergitas TNI dan masyarakat membangun desa.

Dalam sambutan Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan, menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Sanggau, beserta jajaran Forkopimda dan Forkopicam yang telah membantu menjaga kerukunan dan mendukung pelaksanaan kegiatan TMMD ke-118.

Ia mengatakan menutup secara langsung kegiatan (TMMD) ke-118 Kodim 1204/Sgu yang telah melakukan berbagai pembangunan fisik dan non fisik. Bahwa kegiatan TMMD dilakukan dengan tujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam rangka mempercepat pembangunan, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Kegiatan TMMD fisik di Meliau diantaranya pembangunan jalan, gapura, pembangunan rumah tidak layak huni dan lainnya untuk mendorong perekonomian masyarakat.” ujarnya.

“Sementara itu, kegiatan non fisik seperti penyuluhan bahaya narkoba, pengentasan stunting,wawasan kebangsaan dan lainnya untuk mendorong sumber daya masyarakat desa di daerah itu,” lanjut Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan

Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan katakan adapun kegiatan TMMD ke 118 kodim 1204/sgu ini harus bekerjasama dengan segenap elemen dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

“Apa yang dilakukan oleh anggota kami, bersama seluruh elemen masyarakat, di sini ada Polri, juga Satpol PP, dan elemen masyarakat lainnya yang bersama-sama membangun wilayah di daerah sini, pada umumnya adalah mempercepat pembangunan wilayah ini, dimana kita bangun jalan, membangun RTLH, jembatan-jembatan, dan lain-lain juga,” kata Pangdam XII/Tanjungpura.

Dengan akses jalan yang telah dibangun, Pangdam XII/Tanjungpura ini berharap masyarakat yang bermata pencaharian sebagai pedagang maupun petani dapat memanfaatkannya dalam melakukan pekerjaan mereka sehari-hari.

“Dimana yang tadinya mungkin ada wilayah-wilayah tidak ada jalan, sekarang sudah bisa dilalui. Anggota kami (TNI-red) sudah buat jalan sepanjang 25 kilometer. Jadi anak-anak sekolah masuk sekolah biasanya muter, dan aktifitas warga bisa lancar. Nah sekarang kita sudah bangun jalan jadi bisa lebih cepat berangkat sekolah,” ujarnya.

Meskipun telah ditutup, Mayjen TNI Iwan Setiawan, berharap kepada seluruh elemen masyarakat khususnya di Kabupaten Sanggau ini dan TNI agar tetap menjaga kerukunan antar sesama, memelihara semangat gotong royong, serta mengevaluasi hasil pelaksanaan TMMD kali ini guna bahan perbaikan bagi pelaksanaan selanjutnya.

“Dengan mengucap Alhamdulillahi Robbil ‘Alamin, pada hari ini Kamis tanggal 19 Oktober 2023 pukul 11.00 WIB, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD-red) ke-118 tahun anggaran 2023, secara resmi saya nyatakan ditutup,” pungkasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara hasil TMMD ke-118, disertai dengan penyerahan 250 paket sembako kepada masyarakat sekitar secara simbolis yang dilaksanakan di lapangan bola Desa Kunyil. Selain itu juga dilaksanakan sunatan massal, pengobatan gratis serta melakukan vaksin Japanese Esevalitis (JE) pada anak sekolah.

Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot mengatakan sebagaimana diketahui bersama bahwa TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, pemerintah daerah, dan segenap lapisan masyarakat, sebagai salah satu langkah, guna mengatasi berbagai permasalahan yang masyarakat hadapi.

“TMMD juga merupakan dukungan nyata TNI bagi pemerintah daerah, dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Serta implementasi komitmen TNI dan pemerintah daerah dalam melestarikan semangat, dan budaya luhur kehidupan bermasyarakat, yaitu gotong royong,” ujar Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot.

Ia mengatakan bahwa TMMD ke-118 Tahun 2023 di Kabupaten Sanggau ini telah dilaksanakan selama satu bulan, dengan pengerjaan buat jalan serta program lainnya.

“Dengan adanya pembukaan jalan sepanjang 25 kilo meter ini diharapkan akan semakin meningkatkan geliat sektor ekonomi khususnya bagi masyarakat Desa Kunyil Kecamatan Meliau. Nah, disamping kegiatan fisik utama tersebut telah dilaksanakan kegiatan non fisik pendukung, yaitu, kegiatan penyuluhan dan sosialisasi berkaitan dengan kesehatan dan pemberdayaan masyarakat,” jelasnya

Selain itu, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot menyampaikan pula beberapa atensi dan harapan atas suksesnya pelaksanaan TMMD di Desa Kunyil Kecamatan Meliau.

“Kepada kepala desa dan masyarakat Desa Kunyil, saya berharap agar dapat menjaga dan memelihara hasil program TMMD yang telah terbangun, agar manfaatnya dapat dirasakan dalam kurun waktu yang lama dan dapat dilanjutkan dengan program pembangunan yang berkelanjutan,” pesannya.

Wakil Bupati Sanggau dua periode ini mengungkapkan, walaupun kegiatan TMMD ke-118 ini akan berakhir, tetaplah di jaga terus semangat kebersamaan, dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat, agar memberikan kontribusi positif dalam pelaksanaan pembangunan di desa.

“Bangkitkan terus semangat gotong-royong dan jaga kebersamaan antara TNI dan masyarakat,” ucapnya.

Tidak lupa, Ia menyampaikan terima kasih apresiasi yang tinggi kepada TNI dalam hal ini Kodim 1204/Sgu, yang telah sukses melaksanakan kegiatan TMMD di Desa Kunyil Kecamatan Meliau Kabupaten Sanggau, serta semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan TMMD ke-118 tahun 2023 ini.

“Apresiasi juga saya sampaikan kepada para kepala organisasi perangkat daerah di lingkungan pemerintah Kabupaten Sanggau, yang ikut menyusun program kegiatan TMMD ini di dalam APBD Kabupaten Sanggau Tahun 2023,” ujarnya.

“Melalui kebersamaan, niscaya kita mampu mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. semoga segala upaya kita bersama dengan ridho-nya dan dimudahkan segala urusan kita dalam melanjutkan pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara, serta agama, amiin,” tutupnya.

Penulis : Abang Alfian

Editor  : E.A.Lusy

638 425 Alfian Diskominfo
Ketikkan kata pencarian

Hak cipta milik Diskominfo Kabupaten Sanggau

Send this to a friend