Buka Pelatihan Pencegahan Mitigasi Bencana, Ini Kata Sekda Kabupaten Sanggau

//DISKOMINFO-SANGGAU//

SANGGAU – Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka membuka kegiatan pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana di Kabupaten Sanggau Tahun 2023. Kegiatan diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau, bertempat di Aula Hotel Grand Narita Sanggau. Rabu (13/9/2023).

 

Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 101 Tahun 2018 tentang Standar Teknis Pelayanan Dasar Pada Standar Pelayanan Minimal Sub Urusan Bencana.

“Berkaitan dengan hal tersebut, maka pelaksanaan pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) sub urusan bencana kepada masyarakat, seluruh warga negara serta aparatur dengan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kesadaran, kepedulian, kemampuan dan kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana,” jelasnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka berharap kepada para kepala perangkat daerah terkait, seperti Bappeda, BPKAD, Bapenda, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan serta para camat dan kepala desa di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sanggau selalu mendukung program penanggulangan bencana secara bersinergi lintas sektor dan multi pihak.

“Agar proses penyelenggaraan penanggulangan bencana berjalan secara berkala dan berjalan lancar, saya berharap semua camat selaku ketua satgas penanggulangan bencana kecamatan agar memfasilitasi kepala desa untuk mendukung program ini dengan melakukan aktivasi peserta pelatihan ini dalam Forum Kelompok Masyarakat (Pokmas) Peduli Bencana Desa melalui program kegiatan dan penganggaran dari Alokasi Dana Desa sebagai langkah nyata mendukung peningkatan Indeks Ketahanan Daerah (IKD) dan meningkatkan status Indeks Desa Membangun (IDM), dari desa tertinggal menjadi desa berkembang, menjadi desa maju dan desa mandiri sebagai upaya bersama memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) sub urusan bencana di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau,” ucapnya.

Penulis    : Alfian

Editor      : E.A.Lusy

638 425 Alfian Diskominfo
Ketikkan kata pencarian

Hak cipta milik Diskominfo Kabupaten Sanggau

Send this to a friend