//Sukardi Diskominfo Kab. Sgu//

SANGGAU, Adat budaya terus dilestarikan, benda cagar budaya terus di jaga dan terpelihara hingga tidak hilang ditelan zaman, demikian ungkapan Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M. Si ketika menghadiri acara Gawai Dayak Mpori Sowo dan Syukuran di Pedagi Toyua Timodo di Dusun Tanjung Maya Desa Tanap Kecamatan Kembayan Sabtu (4/5/2019).

Gawai bagi masyarakat dayak merupakan ungkapan syukur kepada sang penompa (pencipta) atas hasil panen padi yang diperoleh masyarakat dalam kurun waktu selama satu tahun. Untuk itu, momen gawai adalah momen kebersamaan, silahturahmi dan kunjung antar keluarga, saling berbagi satu sama lainnya serta melestarikan adat budaya nenek moyang (leluhur) terlebih harus memelihara cagar budaya yang dimiliki agar tetap ada dan jelas keberadannya.

Terkait pembangunan infrastruktur baik jalan maupun jembatan serta pembangunan bidang lainnya, hal tersebut akan direalisasikan berdasarkan kebutuhan yang sangat mendesak dan sesuai dengan usulan masyarakat pada Musrenbang Desa dan Musrenbang Kecamatan serta Musrenbang di tingkat Kabupaten.

Terkait pemilu serentak (pilpres dan pileg) yang telah dihelat beberapa waktu lalu, Wakil Bupati selaku mewakili Pemerintah Daerah mengucapkan terimakasih kepada seluruh unsur terkait yang telah menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing, terutama kepada masyarakat yang telah memberikan hak suaranya serta menjaga situasi yang tetap aman, lancar dan kondusif.

Selamat gawai kepada masyarakat tanjung maya semoga di tahun mendatang hasil panen padi melimpah dan lebih baik lagi dari perolehan tahun ini, ucap wabup.

Camat Kembayan Inosensius Nono dalam kesempatan yang sama mengucapkan terima kasih kepada masyarakat tanjung maya yang telah mengundang rombongan pada acara pesta panen padi atau gawai, dimana hal ini telah menunjukkan ada kebersamaan antara masyarakat desa dengan pihak pemerintah kecamatan, selanjutnya terkait usulan pembangunan yang diharapkan oleh masyarakat bahwa hal itu sudah dibahas di tingkat kecamatan maupun di tingkat kabupaten melalui Musrenbang dan kita tinggal menunggu realisasinya.

Berikut Ketua Panitia Apolianus melaporkan bahwa kegiatan ini dalam rangka Gawai Dayak dan Syukuran Masyarakat Dusun Tanjung Maya bersama Bupati dan Wakil Bupati Sanggau, serta Pelestarian Adat Budaya dan Pemeliharaan Padagi yang merupakan cagar budaya yang harus tetap di jaga dan kegiatan gawai atau syukuran pesta panen padi ini juga oleh masyarakat terus dilaksanakan setiap tahunnya. Selanjutnya jauh ini masyarakat Kedesaan Tanap khususnya Dusun Tanjung Maya berharap kepada Pemerintah Daerah agar dapat merealisasikan usulan masyarakat untuk pembangunan jembatan dan meninggikan jalan karena sering banjir serta pembangunan SD mini, jelasnya.

Penulis : Sukardi