URGENSI SIPD DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH

 

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU, Kegiatan urgensi SIPD dalam perencanaan pembangunan daerah bertempat di aula Bappeda Kabupaten Sanggau, Kamis, (7/12).

Tampak hadir Sekretaris Bappeda Shopiar Juliansyah, SE,MM, Narumber dari Kasi Data Pembangunan Unit Data Statistik Pembangunan Bappeda Provinsi Kalimantan Barat Ny Fairous Chazana SN, SE, MM, beserta beberapa perwakilan dari OPD Kabupaten Sanggau.

Narasumber dari Kasi Data Pembangunan Unit Data Statistik Pembangunan Bappeda Provinsi Kalimantan Barat, ”SIPD adalah sistem informasi yang membantu penyediaan data dan informasi pembangunan daerah, penyusunan, perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah secara elektronik. Adapun tujuan SIPD yaitu untuk meningkatkan kualitas perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah. Konsep SIPD ini terfokus kepada data untuk perencanaan pembangunan daerah. SIPD juga menjadi dasar dalam penyusunan rencana pembangunan yang bersifat jangka panjang, jangka menengah dan tahunan, SIPD juga sebagai alat untuk pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah dalam rangka menjamin pencapaian target sasaran dan program. adapun tugas Bappeda Dinas Statistik dan PD yaitu mendorong ketersediaan data dan informasi pembangunan daerah yang akurat dan dapat pertanggungjawabkan untuk perencanaan dan koordinasi pengumpulan dan pemanfaatan data untuk perencanaan.”(Paparannya)

Acara selanjutnya dipersilahkan untuk para peserta dari beberapa perwakilan OPD Sanggau  dalam melakukan pelatihan penggunaan aplikasi  SIPD.

Penulis: Alfian

Editor: Izar