Bupati Launching Vaksinasi Massal PMI Sanggau, Dimulai Dari Pelajar Di SMAN 3 Sanggau

//DISKOMINFO-SANGGAU//

SANGGAU – Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP, M.Si me-launching vaksinasi tahap I yang diselenggarakan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sanggau dengan sasaran pertama adalah para siswa/siswi khususnya untuk setingkat SLTA, bertempat di Aula SMA Negeri 3 Sanggau. Vaksinasi massal PMI Sanggau itu dilaksanakan serentak di seluruh kecamatan di Kabupaten Sanggau. Senin (4/10/2021).

Turut mendampingi Bupati, Plt Kepala Dinas Kesehatan Sanggau, Ginting, Kepala BPBD Sanggau, Siron, Kepala Puskesmas Sanggau, Bassilinus, Kabid P2P Dinkes Sanggau, Sarimin Sitepu, Dewan Kehormatan PMI Sanggau, Epifania Ratih Kumala Dewi, Sekretaris PMI Sanggau, Urbanus beserta pengurus, Kepala SMAN 3 Sanggau serta para guru dan undangan lainnya.

“Hari ini atas dasar keterlibatan semua pihak, saya berterima kasih ke semua pihak. Dan hari ini saya me-launching kegiatan yang diselenggarakan oleh PMI Kabupaten Sanggau,” ujar Bupati Sanggau, Paolus Hadi saat memberikan sambutannya.

“Hari ini kita memulainya dan kita selenggarakan di SMAN 3 Sanggau, dan sasaran ada 300-an dan semoga ini percepatan juga untuk bisa sekolah tatap muka. Terima kasih kepada PMI,” ungkapnya.

Bupati Sanggau Paolus Hadi menjelaskan, hari ini Kabupaten Sanggau masih dalam posisi 19 persen orang Sanggau yang di vaksin. Targetnya sampai Desember 2021 ini harus mampu mencapai 70 persen dan bahkan kalau perlu sampai 80 persen.

“Nah hari ini kita sudah punya vaksin ada 150.518 dosis, tapi itu dibagi dua nanti untuk yang vaksin pertama dan vaksin kedua. Harus kita kejar ini, kalau lihat ini kita berharap apalagi kemarin yang ketika gebyar vaksin dari bapak Gubernur, Sanggau mampu memvaksin sekitar 8000-an orang. Ini puji Tuhan,” ucapnya.

Sementara itu, Plt.Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting menambahkan bahwa vaksin yang tersedia dan sudah diterima di Kabupaten Sanggau sebanyak 150.518 dosis.

“Dari 150.518 itu yang sudah tersuntikkan sampai tanggal 3 Oktober 2021 sebanyak 107.454 vaksin. Jadi sisanya, vaksin yang sedang kita suntikkan dan harapannya habis dalam pekan ini,” jelasnya.

Ginting mengucapkan terimakasih atas tingginya animo antusias masyarakat untuk divaksin.

“Kami senang bekerjasama karena masyarakat Sanggau sangat antusias untuk vaksin. Jumlah sasaran untuk mencapai herd immunity sebanyak 350.360 jiwa atau 700.720 dosis,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Vaksinasi Massal PMI Kabupaten Sanggau, dr Afrocosta Siagian menyampaikan bahwa PMI sebagai organisasi kemanusiaan tentu berkeinginan membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19 ini. Salah satunya adalah dengan membantu program percepatan vaksinasi kepada masyarakat. Untuk itu, PMI pusat melalui PMI Provinsi Kalbar telah mengalokasikan bantuan 25 ribu vial/dosis vaksin kepada PMI se-Provinsi Kalbar untuk disebar ke empat Kabupaten/Kota.

“Kabupaten Sanggau adalah salah satunya yang dipercaya untuk membantu percepatan vaksin dengan kuota 7000 vial/dosis vaksin,” ujarnya.

PMI Kabupaten Sanggau bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau telah memulai kegiatan vaksinasi massal tahap I pada tanggal 1 Oktober 2021 dengan tempat pelaksanaan di 19 Puskesmas se-Kabupaten Sanggau. Kegiatan vaksinasi ini berlangsung sampai tanggal 7 Oktober 2021.

“Untuk Kota Sanggau, vaksinasi massal tahap I ini akan dilaksanakan oleh PMI Kabupaten Sanggau dan dua Puskesmas yaitu Puskesmas Sanggau dan Puskesmas Tanjung Sekayam pada tanggal 4, 5 dan 6 Oktober 2021,” bebernya.

Vaksin pada tanggal 4 dan 6 Oktober 2021 akan dilaksanakan oleh PMI Kabupaten Sanggau dan Puskesmas Sanggau dengan menggunakan 520 vial/dosis vaksin di Aula SMAN 3 Sanggau dan Aula Puskesmas Sanggau. Kemudian pada tanggal 5 Oktober 2021 akan dilaksanakan oleh PMI Sanggau dan Puskesmas Tanjung Sekayam dengan menggunakan 500 vial/dosis vaksin di Aula Kantor Dinas Kesehatan yang lama,” tuturnya.

Masih dikatakannya, adapun vaksinasi massal hari ini mencakup peserta vaksinasi sebanyak 193 orang siswa/siswi dari SMAN 3 Sanggau dan 30 siswa/siswi dari MAN Sanggau.

“Siswa/siswi yang akan di vaksin adalah yang mayoritas duduk di kelas 12. Semoga kegiatan vaksinasi dapat memberikan dampak imunitas atau kekebalan tubuh yang lebih baik kepada pada siswa/siswi khususnya dan kepada masyarakat Kabupaten Sanggau umum. Dengan harapan akhirnya segera terbebas dari pandemi Covid-19,” tuturnya.

638 425 Alfian Diskominfo
Ketikkan kata pencarian

Hak cipta milik Diskominfo Kabupaten Sanggau

Send this to a friend