//KOMINFO-SGU//

SANGGAU, dilaksanakan kegiatan pencegahan dan pemberantasan penyakit rabies bertempat di ruang rapat Dinas Perkebunan dan Peternakan Kab.Sanggau Jum”at (30/8/2019) 09:30 WIB.

Hadir pada pelaksanaan tersebut Kadis Disbunak Syafriansyah SP MM, Danramil  khalik Kec.Kapuas, Kelurahan Kapuas Adapun maksud dan tujuan kegiatan tersebut yaitu melakukan antisipasi pencegahan rabies di Kab.Sanggau, demi menurunkan penularan rabies kepada manusia serta cara penanganan bila mana terkana rabies pada manusia.

Rabies adalah penyakit menular yang di sebabkan oleh virus yang menyerang sistem syaraf pusat. Semua hewan mamalia berdarah panas seperti anjing, kucing, kera, monyet dll. Hewan ternak seperti sapi dan kambing dapat juga tertular rabies namun tidak dapat menularkan ke hewan lainnya.

Mengingat bahayanya penyakit Rabies yang dapat menular ke manusia, Kementan menargetkan Indonesia bebas Rabies pada tahun 2030. Menurut Kadis Disbunak Kab.Sanggau, hal ini selaras dengan target yang telah ditetapkan oleh OIE, WHO dan FAO pada tahun 2015.

Kebijakan lainnya yang ditetapkan oleh pemerintah dalam program pengendalian dan pemberantasan, antara lain, vaksinasi di wilayah endemis ataupun wilayah bebas yang terancam , Surveilans, pengawasan lalu lintas HPR, manajemen populasi HPR serta,  bekerjasama dengan pihak kesehatan dalam rangka penanganan kasus gigitan yang terjadi.