//IZAR DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU, Dilaksanakannya kegiatan Peresmian Terminal Barang Internasional Entikong oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Drs. Budi Setiyadi S.H., M.Si., Senin 29 April 2019, Kec. Entikong. Hadir pada kesempatan kali ini Gubernur Kalbar dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Perhubungan Prov Kalbar Drs. H. Manto M.Si., Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot M.Si., Kepala Balai Nasional XX Pontianak, Kepala Dinas Imigrasi Kalbar Drs. Adhar, Direktur Prasarana Transportasi Jalan, Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Ir. Yulia Theresia, serta seluruh tamu undangan yang hadir.

Sebelum mulainya kegiatan Direktur Jenderal Perhubungan Darat dan para tamu undangan lainnya disambut dengan tarian adat dayak yang dilanjutkan dengan prosesi adat pancung buluh muda.

Sambutan Wakil Bupati Sanggau “Hari ini kita bisa meresmikan Terminal Barang Internasional Entikong yang memang ini menjadi sebuah harapan masyarakat Kecamatan Entikong dan Indonesia karena seperti yang kita ketahui Kecamatan Entikong ini merupakan pintu depannya Indonesia. Sekilas mungkin Kabupaten Sanggau ini kalau dilihat jika dianggap sebagai sebuah Seekor Kuda maka Kecamatan Entikong ini dianggap hanya sebuah ekornya saja, orang-orang masyarakat luar hanya mengenal Kabupaten Sanggau itu dari Kecamatan Entikong nya saja, karena seperti yang kita ketahui Kecamatan Entikong merupakan perbatasan antara Indonesia dan Malaysia, padahal jika ditelusuri Kabupaten Sanggau ini sangat luas. Terminal ini merupakan sebuah impian dari Kecamatan Entikong dan seluruh masyarakat Indonesia yang mana untuk pembangunan Terminal Barang Internasional ini sudah lama direncanakan dan pada hari ini kita patut bangga bahwa sebentar lagi Direktur Jenderal Perhubungan Darat akan secara resmi meresmikan Terminal barang ini. Jika di ingat cerita saya dulu, saya pernah menjadi koordinator untuk terminal terminal barang yang ada di kecamatan Entikong, Pada saat itu saya masih menjadi camat di Entikong sekitar 17 tahun yang lalu dan pada akhirnya hari ini Terminal barang internasional akhirnya dapat terwujud kan. Pada kesempatan kali ini Izinkan saya untuk mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah pusat kementerian dan bapak Presiden yang sampai hari ini telah memberikan perhatian kepada Kecamatan Entikong ini yang sangat luar biasa. Seperti yang sudah kita lihat pada saat ini sudah banyak sekali pembangunan yang dilakukan di kecamatan Entikong ini berkat Bapak Presiden kita.” (Ujarnya)

Sambutan Gubernur Kalbar dalam hal ini diwakili oleh Kadis Perhubungan Kalbar “Akhirnya obsesi dan keinginan kita sejak belasan tahun akhirnya tercapai juga pada hari ini, untuk itu izinkan kami pada kesempatan kali ini untuk menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah mewujudkan impian daerah Entikong untuk membangun Terminal Barang Internasional Entikong Ini.  Namun sesungguhnya Terminal ini masih belum sempurna, untuk fasilitas masih banyak yang kurang untuk berjalannya Terminal ini, untuk aktivitas impor dan ekspor barang seharusnya tidak lagi menggunakan jalan umum karena proses ini memang harus steril dan tidak boleh bercampur dengan kendaraan kendaraan umum lainnya, kemudian juga Terminal ini sebenarnya kami ingin membangun dengan satu hamparan dengan PLBN, sehingga dapat memudahkan proses kinerja Terminal ini namun berkaitan dengan kendala tata letak geografis sehingga Terminal ini harus berpisah dari PLBN.” (Ujarnya)

Sambutan Direktur Jenderal Perhubungan Darat sekaligus meresmikan Terminal Barang Internasional Entikong “Terminal ini merupakan amanat, instruksi Presiden, bahwa seperti yang kita ketahui bahwa misi beliau adalah membangun Indonesia itu dari pinggiran, yang artinya dari perbatasan-perbatasan wilayah Indonesia. Terminal Barang Internasional Entikong ini merupakan yang pertama kalinya untuk di resmikan di Indonesia. Selain memberikan dampak positif pada perekonomian daerah perbatasan juga ada sesuatu hal kemajuan progress yang membanggakan pada kita, pada bangsa Indonesia. Dengan adanya Terminal Barang di Entikong ini yang tadi sempat di sampaikan oleh Bapak Kepala Dinas Perhubungan Kalbar bahwa masih banyak kekurangan dan belum dapat berjalan dengan sempurna, tentunya nanti kami akan menindak lanjuti segala kekurangan tersebut, kami akan dorong, agar terminal ini dapat berproses dengan baik.” (Tegasnya)

Selanjutnya prosesi peresmian Terminal Barang Internasional Entikong oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat dilanjutkan dengan peninjauan.

Penulis : Izar