//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si, meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Dusun Biding, Dusun Rontang, Dusun Njaber, Desa Selampung, yang dipusatkan di Dusun Rontang Desa Selampung, Kecamatan Jangkang, Senin (29/4/2019).

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Camat Jangkang Eduardus Evald, S.Sos, Forkompimcam, Pj.Kades Selampung Tomas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat serta masyarakat Dusun Biding, Dusun Rontang, Dusun Njaber, Desa Selampung ikut hadir.

Kedatangan Bupati Sanggau beserta rombongan disambut hangat oleh masyarakat, yang mana sebelum menuju ketempat duduk yang sudah disediakan, Bupati Paolus Hadi melaksanakan ritual adat pancung buluh muda dan dilanjutkan pemotongan pita petanda PLTS Dusun Biding, Dusun Rontang, Dusun Njaber, Desa Selampung diresmikan.

Pada kesempatan tersebut Pj.Kades Selampung Tomas menyampaikan ada tiga Dusun yang mendapatkan bantuan PLTS yakni Dusun Biding, Dusun Rontang dan Dusun Njaber.

“Adapun kegiatan peresmian PLTS ini dipusatkan di Dusun Rontang. Terima kasih kami ucapkan kepada Pemerintah yang telah memberikan dana hibah berupa PLTS di tiga dusun ini, serta himbauan kepada masyarakat tolong dijaga dan dirawat dengan baik, karena sudah sepatutnya kita bersyukur dengan adanya PLTS ini, kampung kita menjadi terang,” ucapnya.

Lebih lanjut, Camat Jangkang Evald menyampaikan bahwa “terang” merupakan impian semua orang yang ada di dusun dan desa yang belum teraliri listrik. Maka dari itu sudah sepatutnya bersyukur pada hari ini Bupati Sanggau telah meresmikan PLTS Dusun Biding, Dusun Rontang, Dusun Njaber, Desa Selampung.

“Seperti yang disampaikan oleh Pj.Kades Selampung bahwa masyarakat harus dapat memelihara PLTS ini dengan baik, supaya terang bisa terus dinikmati hingga kedepannya. Saya ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau yang telah banyak memberikan kontribusi dalam hal pembangunan terutama untuk Kecamatan Jangkang,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Paolus Hadi menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sanggau berkomitmen untuk mengembangkan sub sektor ketenagalistrikan dan wujud dari komitmen tersebut akan dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sanggau Tahun 2019-2024, melalui perwujudan seven brand images, yaitu salah satunya “Sanggau terang”.

“Permasalahan listrik salah satu persoalan mendasar yang dihadapi oleh Pemerintah saat ini, baik terkait penambahan jaringan baru, pemeliharaan dan penyediaan daya, karena pembangunan listrik ini memerlukan investasi yang besar,” ujar PH sapaan akrab Bupati Sanggau.

“Perlu diketahui bahwa jumlah dusun di Kabupaten Sanggau sebanyak 865 dusun, yang berlistrik 603 dusun dan yang belum berlistrik 262 dusun. Adapun jumlah desa se-Kabupaten Sanggau sebanyak 163 desa, yang berlistrik 133 desa dan yang belum berlistrik 30 desa serta Ibu kota desa yang belum berlistrik sebanyak 34 ibu kota desa,” jelasnya.

“Dalam rangka memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat serta mengurangi ketergantungan pada energi fosil, Pemerintah telah mendorong untuk pemanfaatan energi baru, seperti air dan surya (sinar matahari). Keberadaan PLTS Komunal di Dusun Rontang ini dan di beberapa dusun yang ada di Kecamatan Jangkang merupakan wujud perhatian Pemerintah kepada masyarakat, khususnya di daerah terpencil dan yang belum mendapat akses listrik PLN. Pesan saya tolong rawat dan dijaga serta gunakanlah sesuai dengan peruntukkannya,” sambungnya.

Penulis         : Alfian