MUSRENBANG RKPD KAB. SANGGAU TAHUN 2020

//Sukardi Diskominfo Kab. Sgu//

SANGGAU, Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Sanggau Tahun 2020 Secara Resmi Dibuka oleh Bupati Sanggau, Jum’at (29/3/2019) pagi bertempat di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Sanggau.

Ketua Pelaksana Shopiar Juliansyah,S.E.,M.M, melaporkan bahwa pelaksanaan musrenbang ini merupakan amat UU No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, kemudian UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan Permendagri No. 86 Tahun 2017. Selanjutnya peserta yang hadir lebih kurang 300 orang dari seluruh pemangku kepentingan.

Tujuan kegiatan untuk menyelaraskan Program dan Kegiatan Prioritas Kabupaten Sanggau dari hasil usulan musrenbang kecamatan yang selanjutnya akan diselaraskan di musrenbang Provinsi dan Nasional.

Penusunan RKPD tahun 2020 ini merupakan langkah strategis dan merupakan rangkaian Renja dari upaya membangun fundamental Pemerintah Daerah yang kuat berbasis sumber daya daulatan menuju visi Kabupaten Sanggau “Sanggau Maju dan Terdepan”.

Bupati Sanggau Paolus Hadi, S. IP, M. Si
ketika membuka Kegiatan Musrenbang menyampaikan tema kegiatan adalah: Percepatan Pembangunan Infrastruktur Dasar dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas Untuk Pertumbuhan Perekonomian Daerah.
Di periode kedua, dirinya bersama Wakil Bupati Sanggau Drs.Yohanes Ontot, M.Si komit untuk tetap melanjutkan program kerjanya sesuai yang tertuang dalam seven brand images Kabupaten Sanggau.

Berharap kegiatan Musrenbang ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, kemudian apa yang direncanakan bersama dapat menjadi komitmen bersama untuk mewujudkan suatu pembangunan. Berkaitan dengan Sumber Daya Manusia (SDM) bahwa pembangunan bisa berjalan apabila Sumber Daya Manusianya diperkuat (Jelasnya).

Gubernur Kalbar H. Sutarmidji,SH.,M.Hum, pada kegiatan Musrenbang memberikan arahan bahwa untuk kemajuan Kabupaten Sanggau, dirinya berharap Program Kerja Pemerintah Provinsi Kalbar bisa Mensinergikan yang menjadi program-program di Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau. Pemerintah Provinsi Kalbar harus mendukung apa yang menjadi kesepakatan bersama di Musrenbang tingkat Kabupaten Sanggau ini. Saya ingin tahun depan di Sanggau ini didirikan SMK unggulan, dengan tujuan untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Sanggau dan Provinsi Kalbar. berharap dengan didirikan bangunan SMK unggulan nanti agar tidak ada yang nganggur, karena di SMK unggulan tersebut sudah dibekali ilmunya dan juga skill sesuai dengan minatnya (Jelasnya).

Berkaitan dengan persoalan infrastruktur jalan Gubernur menjelaskan bahwa hal itu sangat penting, karena menjadi sumber utama untuk pertumbuhan dibidang apapun, disamping itu juga Desa-desa mandiri perlu kita wujudkan dan apabila desa mandiri sukses, maka seluruh program pemerintah juga sukses, dan tentu permasalahan soal kesehatan juga bisa teratasi, hanya saja nanti perlu peningkatan kapasitas atau fasilitas pelayan kesehatan.

Gubernur menambahkan bahwa anugerah yang terbesar di Kabupaten Sanggau ini yaitu pokok durian unggul, yang mana di Kalbar dari 18 jenis durian unggul tersebut ada di Kabupaten Sanggau yaitu ada 12 durian unggul dan dari 12 durian unggul yang terunggul ada 6 jenis. Maka saya rasa perlu ditanamkan jenis-jenis durian unggul tersebut, sehingga yang menjadi hutan adat di Kabupaten Sanggau saya sarankan ditanami dengan pokok durian unggul dan kopi jelasnya seraya mengakhiri sambutannya.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan Peyerahan biaya pendidikan gratis kepada beberapa siswa dan bantuan kredit usaha rakyat dari Bank Kalbar kepada nasabah/masyarakat. Kemudian dilanjutkan dengan Penandatanganan Nota Kesepakatan Provinsi Kapuas Raya.

Tampak Hadir dalam kegiatan, Sekda Sanggau A.L.Leysandri, SH, Asisten Pemerintahan Hukum dan HAM Setda Sanggau Willybrordus Welly, S.Sos, M.Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sanggau H.Roni Fauzan, SE, M.Si, Asisten Administrasi Umum Setda Sanggau H.Joni Irwanto, S.IP, Kapolres Sanggau AKBP.Imam Riyadi, S.IK, MH, Dandim Sanggau dalam hal ini diwakili Pasi Ops Kpt.Inf.Agus Mulyana, Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Anggota DPRD Kabupaten Sanggau, Ketua TP-PKK Kabupaten Sanggau Arita Apolina, S.Pd, M.Si, Ketua DWP Kabupaten Sanggau Agnes Leysandri, S.Pd, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Instansi Vertikal, Perbankan, Camat se-Kabupaten Sanggau.