SANGGAU, Begitu antusias dan penuh semangat Orang Muda Katolik (OMK) mengikuti kegiatan Jumpa Orang Muda Katolik (Jomka) Se-Paroki Beduai Ke-VIII Tahun 2019. Selanjutnya kegiatan tersebut di buka secara langsung oleh Bupati Sanggau pada Kamis (27/6/2019) Siang.

Sekretaris Panitia Pelaksana Jomka Andries Akun melaporkan bahwa Jomka Ke-VIII kali ini mengusung tema “Eksistensi OMK Milenial Bagi Gereja”.

Berikut peserta yang mengikuti sebanyak 577 orang yang tersebar dari 20 stasi yang ada di Paroki Beduai, kegiatan berlangsung selama empat hari yakni mulai dari 27 hingga 30 juni 2019. Fokus kegiatan yakni pendalaman iman, outbond dan lainnya. output dari kegiatan agar OMK milenial dapat menjadi generasi yang hebat serta dapat memberikan kontribusi positif kepada daerah, nusa dan bangsa.

Terkait anggaran untuk pelaksanaan dihimpun secara gotong royong dari peserta maupun umat dilingkungan.

Pastor Paroki Agustinus Kraeng Ritan, CP. dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini menjadi unggulan di Paroki Beduai, OMK terus dibina dan dibimbing dalam keimanan karena OMK merupakan generasi penerus gereja dan merupakan pelaku dalam pewarta sabda gembira ditengah kehidupan bersama.

OMK bukan lagi penonton tetapi pelaku iman dalam keseharian di tengah kehidupan dimana tempat tinggalnya, kemana kamu melangkah yang menentukan jalan hidupmu adalah dirimu sendiri, ungkapan Pastor Paroki.

Disamping itu, Camat Beduai Sandoro Atmojo, S. Sos. menambahkan, OMK Milenial dalam menghadapi perkembangan teknologi saat ini OMK harus mampu mengusai teknologi dan siap mengikuti perkembangan zaman serta tantangan dalam hidup,  generasi muda merupakan tulang punggung gereja, dan jadilah OMK yang tangguh dalam menghadapi tantangan dalam perkembangan zaman, jelasnya.

Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si, dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa kegiatan
Jomka ini bertujuan untuk pembinaan keimanan ataupun pendalaman iman kepada anak-anak muda milenial.

Kemajuan teknologi yang begitu pesat saat ini tentu jangan sampai membuat OMK terlena bahkan terperosok ke dalam hal-hal yang negatif, melainkan OMK milenial harus bijak menggunakan dan memanfaatkan teknologi tersebut,  kuasai teknologi untuk kemajuan diri, kuasai informasi dan jadilah orang-orang yang hebat, sebab benteng terakhir dalam kehidupan adalah iman, jadilah berkat terhadap sesama dan hiduplah dalam kebaikan.

Berikut pemukaan Jomka ditandi dengan pemukulan gong sebanyak 8 kali oleh Bupati Sanggau yang didampingi Kadis Pemdes, Kasat Pol PP, Camat Beduai, Danramil, Polsek dan Pastor Paroki beserta Pengurus DPP, kemudian pelepasan balon ke udara dan pemasangan secara simbolis name tag peserta Jomka.

Penulis : Sukardi