//IZAR DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU, Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP., M.Si., secara resmi membuka kegiatan Sosialisasi Jaminan Fidusia yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat dengan tema “Eksistensi Jaminan Fidusia Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Yang PASTI Nyata di Kabupaten Sanggau”. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Hotel Garden Palace Sanggau, Selasa 25 Juni 2019. Hadir pada sosisalisasi ini Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan HAM Kalimantan Barat dalam hal ini diwakili oleh Kabid. Pelayanan Hukum Muhayan, SH., MH., para Pimpinan Perbankan dan Para Notaris Di Wilayah Kab. Sanggau, Kepala Instansi Vertikal di Wilayah Kab. Sanggau.

Adapun salah satu maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menyampaikan perkembangan kebijakan dan peraturan terbaru di bidang Layanan Jaminan Fidusia serta guna mencari solusi atas terjadinya permasalahan hokum dibidang Jaminan Fidusia terutama masalah pelaksanaan Eksekusi Jaminan Fedusia. Memberikan pemahaman dan informasi tentang Pelaksanaan Pendaftaran Jaminan Fidusia secara elektronik (Online System) berkaitan dengan Pendaftaran, Perubahan dan Penghapusan Jaminan Fidusia.

Kegiatan sosialisasi ini akan diikuti peserta sebanyak 50 orang, yang terdiri dari Notaris, Instansi Terkait, Penegak Hukum, Lembaga Pembiayaan, Perbankan dan Masyarakat Umum.

Berikut sambutan Bupati Sanggau sekaligus membuka kegiatan tersebut.

“Saya berharap dengan dilaksankannya kegiatan sosialisasi ini tentunya dapat memberikan pemahaman bagaimana mekanisme dan tata cara pelaksanaan Jaminan Fidusia sesuai ketentuan yang berlaku, mengingat Jaminan Fidusia memberikan hak kepada pihak pemberi Fidusia untuk tetap menguasai benday yang menjadi obyek jaminan Fidusia berdasarkan kepercayaan. Kegiatan sosialisasi ini juga dapat memberikan kepastian hukum kepada para pihak yang berkepentingan dalam melaksanakan jaminan Fidusia, serta dapat mendorong percepatan pertumbuhan perekonomian khususnya kepada usaha kecil dan menengah di Kab. Sanggau.” (Ujarnya)

Penulis: Izar