//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Digelar Pertemuan Forum Musyawarah Desa di Kampung Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Sanggau Tahun 2019, yang diselenggarakan dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Sanggau, yang dipusatkan di Kantor Desa Dosan, Kecamatan Parindu, Senin pagi (24/6) pukul 08.30 WIB.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala OPD Kabupaten Sanggau atau pejabat yang mewakili, Camat Parindu dalam hal ini diwakili Ibu Maria, Forkompimcam, Sekdes Dosan Herianto.M beserta staff Pemerintahan Desa Dosan, Anggota TP-PKK Desa Dosan dan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Sekdes Dosan Herianto mengucapkan selamat datang kepada seluruh OPD atau pejabat yang mewakili di Desa Dosan ini, dalam rangka melaksanakan pertemuan forum musyawarah desa di kampung Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Sanggau yang kedua kalinya dilaksanakan di Desa Dosan, Kecamatan Parindu.

“Perlu kita ketahui bahwa melalui pertemuan forum musyawarah desa di kampung KB ini yang kedua kalinya dilaksanakan di Desa Dosan ini untuk bisa memberikan pemahaman kepada kami selaku masyarakat, terkait yang menjadi program kampung KB dan sekaligus mendengarkan apa saja yang menjadi program dari masing-masing OPD atau Dinas-dinas terkait agar bisa sejalan pada kegiatan kampung KB ini,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Parindu dalam hal ini diwakili oleh Ibu Maria menyampaikan terkait pada agenda pada hari ini bahwa Presiden RI Joko Widodo telah mencanangkan kampung KB, tepatnya pada tanggal 4 Januari Tahun 2016, artinya program kampung KB ini belum lama mulai dilaksanakan.

“Pada tahun 2017 dalam hal ini dari BKKBN selaku leading sector telah meluncurkan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Salah satu bentuk dari program KKBPK yakni membentuk kampung KB, maka dari itu kita sebagai masyarakat Kecamatan Parindu patut bersyukur bahwa ada dua desa yang ditunjuk sebagai kampung KB, yaitu; Desa Dosan dan Desa Sebara. Tentu terpilihnya sebagai kampung KB dikarenakan telah memenuhi syarat atau kriteria,” jelas Maria.

“Pada kesempatan ini juga hadir dari perwakilan SKPD, sehingga bisa saling berkoordinasi dan bersinergi dalam mewujudkan program kampung KB ini sesuai dengan tupoksi masing-masing. Juga Peran serta masyarakat sangat diperlukan untuk kesinambungan kegiatan dan tercapainya cita-cita kampung KB sebagai upaya untuk meningkatan kualitas hidup masyarakat terutama di perdesaan,” tuturnya.

Penandatanganan kesepakatan bahwa sudah bekerjasama ikut andil dalam program Keluarga Berencana (KB) khususnya di Desa Dosan, Kecamatan Parindu.

Penulis         : Alfian