//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Isu ketersediaan bahan pangan selalu menjadi sorotan menjelang Hari Besar Keagamaan, salah satunya saat memasuki Ramadhan dan Idul Fitri yang jatuh pada bulan Mei dan Juni 2019 mendatang. Sebab, ketersediaan dan meningkatnya harga bahan pangan dipasar berbarengan dengan tingginya tingkat konsumsi masyarakat pada bulan-bulan tersebut. Rapat koordinasi menjelang Ramadhan dan Idul Fitri tersebut dipimpin langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sanggau (Asisten II) H.Roni Fauzan, SE, M.Si, bertempat di Ruang Rapat Asisten II Setda Sanggau, Senin (22/4).

Turut hadir Kepala Dinas KPTPHP Kabupaten Sanggau Ir.H.Jhon Hendri, M.Si, Kasat Pol-PP Kabupaten Sanggau H.Sukri, Kabag Ekon Eka Pria Saputra, Perwakilan dari BPOM, Perwakilan dari Bulog dan Kepala OPD atau pejabat yang mewakili.

Stok bahan pangan cukup, maka inflasi terjaga, hal ini terlihat apa bila kebutuhan masyarakat banyak sedangkan stok bahan pangan terbatas, maka ini akan memicu tingginya inflasi karena harga ikut melambung.

“Kejadian ini merupakan siklus yang setiap tahun selalu terjadi. Mengantisipasi kondisi tersebut, Pemerintah Kabupaten Sanggau secara rutin melaksanakan rapat koordinasi menjelang hari besar keagamaan dan termasuklah menjelang Ramadhan dan Idul Fitri ini. Sehingga dari jauh-jauh hari untuk mengantisipasinya dengan memacu peningkatan produksi,” (Ujar Asisten II)

“Untuk sekarang ketersediaan bahan pangan dalam kondisi aman, stabil dan belum ada kenaikan harga yang signifikan. Berkaitan dengan makanan yang sudah kadaluarsa harus kita amankan, karena sangat berbahaya terhadap kesehatan masyarakat. Juga perlu diketahui bahwa Pemerintah Kabupaten Sanggau akan melaksanakan bazar murah dengan harga bersubsidi untuk membantu masyarakat Sanggau, yang mana kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sanggau dan bekerjasama dengan para pelaku usaha yang ada di Sanggau.” (Tuturnya)

Penulis         : Alfian