Berulang Tahun Ke 73, Uskup Sanggau Rayakan Bersama Umat 

//Sukardi//Diskominfo Kab. Sgu//

SANGGAU, Tampak kegembiraan menghiasi wajah Uskup Sanggau Mgr. Julius Mencuccini, CP ketika berbaur bersama umat di kota Sanggau dalam Perayaan Syukur ulang tahunnya yang ke 73 kali ini.

Perayaan Syukur yang dipusatkan di Mega Tend pada kamis malam (21/3/2019) tersebut diawali dengan misa syukur bersama kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah, tiup lilin ulang tahun, potong kue dan nasi tumpeng oleh Uskup serta dilanjutkan acara hiburan.

Berikut dalam kesempatan itu, selain para umat yang hadir juga tampak terlihat orang nomor satu dan nomor dua di Kabupaten Sanggau juga hadir yaitu pak PH-YO akrab sapaannya yang masing-masing didampingi istrinya, kemudian Para Kepala OPD, anggota DPRD, para Pastor, para Suster,  Biarawan/Biarawati, Pengurus DPP, WKRI, para Ketua Kring, OMK dan tamu undangan lainnya ikut serta bersuka cita dalam perayaan syukur ulang tahun Uskup tersebut.

Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M. Si atau yang akrab disapa pak PH dalam sambutannya menyampaikan selamat ulang tahun kepada Uskup Sanggau yang telah memasuki usia ke 73 tahun, semoga Uskup terus berkarya, tetap sehat dan panjang usianya, bersemangat mewujudkan kemajuan gereja dan umat di Keuskupan Sanggau serta terima kasih kepada pihak Keuskupan yang merupakan mitra kerja Pemerintah Daerah selama ini.

Dari segi Pemerintahan Pak Paolus Hadi mengatakan bahwa dirinya bersama Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M. Si, di periode kedua saat ini bahwa PH-YO akan melanjutkan program kerjanya dengan belajar dari pengalaman, melakukan evaluasi terhadap apa yang belum dilaksanakan serta melakukan terobosan untuk mewujudkan pembangunan Sanggau kearah yang lebih baik lagi. Untuk itu dirinya meminta seluruh masyarakat Sanggau termasuklah umat yang ada di Keuskupan Sanggau agar dapat mendukung terhadap program kerjanya hingga lima tahun mendatang.

Uskup Sanggau Mgr. Julius Mencuccini,CP dalam kata sambutan mengatakan, tanpa terasa dirinya saat ini telah menginjak usia yang ke 73 di tahun 2019 ini,  tentu banyak pengalaman sudah dialami terlebih bagaimana cara menumbuhkan keimanan umat, melayani umat dengan  penuh kasih, menjadi pelayan iman serta mendorong pembangunan gereja ditengah umat yang terus berkembang.

Selain itu, Uskup menambahkan bahwa pihak Keuskupan juga merupakan mitra Pemerintah dalam membentuk moral dan ahlak masyarakat khususnya umat agar dapat hidup dalam iman, dalam kebaikan, harmonis, penuh persaudaraan dan kekeluargaan serta penuh kedamaian. terlebih ikut serta mendukung Pemerintah dalam mewujudkan pembangunan.

Terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau dan Sekadau serta seluruh umat Katolik yang selama ini telah mendukung pihak Keuskupan dalam berbagai hal dan kegiatan, semoga kita beroleh berkat dari Sang Pencipta atas semuanya itu dan disisa masa pensiun yakni pada 2021 nanti Uskup berharap agar tetap mampu mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai Uskup dalam mewujudkan Keuskupan yang maju dan umat yang beriman, menjadi saksi  iman dan pelayan Tuhan.

Setelah prosesi tiup lilin,  potong kue n tumpeng oleh Uskup Sanggau yang didampingi oleh Bupati dan Wakil Bupati Sanggau beserta istri, Pastor Paroki. Kemudian acara dilanjutkan dengan makan berami serta diakhiri dengan hiburan.

Penulis : Sukardi