BUPATI SANGGAU RESMIKAN PUSKESAMAS KEMBAYAN

//Menjaga Kesehatan Lebih Baik Dari Pada Mengobati//
//Kardi//Diskominfo Sgu//
Sanggau, dengan ditandai pengguntingan pita serta penandatanganan prasasti oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi,S.IP,M.Si, bahwa bangunan puskesmas baru kembayan tersebut sudah resmi penggunaannya. Berikut disela peresmian gedung puskesmas pada kamis (15/6) belum lama ini, tampak hadir beberapa kepala SKPD di lingkungan pemerintah kabupaten sanggau termasuk kadis kesehatan dr.Jones Siagian, Dandim Sanggau, unsur muspika kecamatan kembayan, para tim medis yang ada di kecamatan kembayan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda serta masyarakat setempat.
kepala puskesmas kembayan yason melaporkan bahwa pembangunan puskesmas diusulan pada saat musrenbang tahun 2015 dan pada tahun 2016 terialisasi sehingga pembangunannya dimulai dan berjalan dengan baik sehingga dapat diresmikan pada saat sekarang, selanjutannya bangunan puskesmas kembayan yang memadai, indah, bersih dan cukup megah merupakan dambaan selama ini baik para petugas medis maupun masyarakat kembayan sehingga dapat menunjang pelayanan kesehatan terhadap masyarakat kembayan, harapan kedepan terhadap beberapa fasilitas dan peralatan medis yang kurang lengkap di puskesmas pada saat ini agar dapat terpenuhi dan para medis tidak tergendala dalam memberikan pelayanan sehingga masyarakat merasakan diri mereka terlayani dengan baik pula.
Camat Kembayan Drs.Inosensius Nono menambahkan bahwa pembangunan puskesmas dapat berjalan dengan baik dan lancar adalah berkat dukungan pemerintah daerah serta dukungan kita bersama. Selanjutnya pihak pemerintah kecamatan maupun para tim medis selama ini selalu bergandeng tangan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kembayan serta melakukan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat agar masyarakat sadar betapa pentingnya hidup sehat. Berikut terkait gedung pukesmas yang telah diresmikan penggunaannya, camat berjanji bersama para petugas puskesmas juga masyarakat kembayan akan selalu menata, merawat dan memelihara bangunan puskesmas tersebut, sehingga ramah lingkungan, ramah anak juga kelihatan indah, kemudian adapun moto puskesmas kembayan antara lain, Komunikatif, Empati, Manusiawi, Berkah, Akuntabel, Yakin, Anti Pungli, Nasionalis (Kembayan).
Bupati Sanggau Paolus Hadi,S.IP,M.Si, usai melakukan peresmian dalam sambutannya mengatakan bahwa puskesmas kembayan merupakan puskesmas yang ketiga yang telah diresmikannya pada tahun ini, yakni sesudah puskesmas balai batang tarang dan bonti serta kedepannya masih ada beberapa puskesmas lagi yang tinggal nunggu rampung pembangunannya maka akan diresmikan juga penggunaannya. Terkait tempat pelayanan kesehatan masyarakat atau pasien terutama puskesmas adalah hal yang perlu diperhatikan yakni penampilan bangunan dulu harus memadai, bersih, indah dan ramah lingkungan serta dapat menunjang terhadap pelayanan kepada masyarakat. harapan kepada pihak puskesmas agar lebih banyak melakukan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat agar masyarakat sadar akan kesehatannya, yakni lebih baik menjaga kesehatan atau mencegah daripada mengobati. Pesan kepada masyarakat agar dapat menjaga kesehatannya serta memberdayakan hidup sehat dalam keluarga sebab urusan kesehatan bukan hanya tugas pemerintah daerah saja melainkan urusan semua pihak, kepada petugas kesehatan atau tim medis berilah pelayanan dengan baik, ramah dan penuh kekeluargaan guna mewujudkan program sanggau sehat maka pelayanan kesehatan terhadap masyarakat harus baik pula.