Puskesmas Sanggau Tingkatkan Program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit TB

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU, dilaksanakan kegiatan Screening bagi Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kab.Sanggau bertempat di Rumah Tahanan Negara Klas IIB Sanggau, jln. KH Dewantara, Rabu (20/03/2019)Pukul 08:00 WIB.

Hadir pada kesempatan itu Kasubsi pelayanan tahanan Kokoh Sungkowo, Yayu Sri Indra A.Md.Keb Penanggung Jawab Promosi Kesehatan, Heri Effendi, A.Md.Kep Penanggung Jawab TB, serta Dr.Febry dokter Intern Ship.

Berdasarkan pemenuhan dalam pelaksanaan PP No. 99 Tahun 2012 Pasal 1 bagian ke-4 yaitu disebutkan bahwa pelayanan kesehatan adalah upaya promotif, preventif kuratif dan rehabilitatif termasuk pemeriksaan yang dilakukan tenaga kesehatan bagi narapidana di Lapas.

Adapun Maksud dan Tujuan kegiatan ini demi meningkatkan pengetahuan kepada narapidana untuk pencegahan serta mengobati dan mengetahui tanda gejala tuberkulosis atau yang biasa di sebut masyarakat TBC pada umumnya.

Yayu Sri Indra A.Md.Keb sebagai Ketua kegiatan menyampaikan Kegiatan hari ini merupakan peringatan hari TBC sedunia yang jatuh pada tanggal 24 Maret. Tenaga Kesehatan kami melakukan wawancara atau in depth interview terhadap para narapidana dan tahanan mengenai hal – hal yang berkaitan dengan kondisi mereka untuk melihat apakah ada tanda dan gejala yang dirasakan oleh para narapidana. Terdapat 39 orang yang di wawancarai ditemukan 12 orang yang di rujuk untuk pemeriksaan lebih lanjut.(UJARNYA)