//IZAR DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU, Lomba-lomba dalam dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 tingkat Kabupaten Sanggau secara resmi dibuka oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi S.IP., M.Si., Selasa, 18 Juni 2019, di Gedung Balai Betomu Sanggau. Hadir pada kegiatan ini Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi, Dandim 1204 yang diwakili, Kajari Sanggau yang diwakili, Bapak-Ibu OPD, Anggota Dewan Perempuan DPRD Kab. Sanggau, Ketua TP.PKK Kab. Sanggau, Ketua GOW Kab. Sanggau, Ketua DWP Kab. Sanggau, Ketua Bhayangkari, Ketua Persit Kartika Candra Kirana, Ketua Dharma Yukti Karini Kab. Sanggau, Camat Se-Kab. Sanggau, Ketua TP-PKK Kecamatan se-Kab. Sanggau, Lurah se-Kec. Kapuas dan para dewan juri.

Adapun tujuan dilaksanakannya Peringatan HKG ke-47 Tahun 2019 ini adalah Memasyarakatkan Gerakan PKK sebagai gerakan yang dikelola dengan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat, yang sudah dilaksanakan dan bermanfaat bagi masyarakat di seluruh pelosok tanah air. Meningkatkan pemahaman segenap jajaran Tim Penggerak PKK, Masyarakat, dan seluruh komponen bangsa tentang keberadaan, tujuan, program, dan kegiatan PKK dalam rangka memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga serta meningkatkan motivasi dan kesadaran anggota TP.PKK dan Kader PKK serta masyarakat untuk lebih tahu, mau, dan mampu melaksanakan program-program PKK serta terus aktif mendukung kegiatan PKK.

Sambutan Ketua Umum Pusat PKK yang disampaikan oleh Ketua PKK Kab. Sanggau Arita Apolina S.Pd., “Pada hari yang berbahagia ini marilah kita bersamasama memanjatkan Puji dan Syukur kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Pengasih atas Kasih dan Karunia-NYA, sehingga pada hari ini kita sekalian dapat menghadiri acara Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-47 Tahun 2019 dalam keadaan sehat wal’aflat. Sebagaimana layaknya peringatan suatu Ulang Tahun, maka momentum peringatan seperti ini senantiasa selalu kita lakukan setiap tahun. Namun melalui Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-47 Tahun 2019 ini, saya sangat mengharapkan agar peringatan semacam ini bukan semata-mata merupakan kegiatan rutin tahunan saja. Juga bukan mempakan kegiatan yang hanya sarat dengan acara seremonial sesaat saja, kemudian setelah itu tidak ada Iagi gaungnya. Kemeriahan dan rasa syukur dalam memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK, haruslah selalu menimbulkan gelora, yakni membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah dan kridanya Gerakan PKK. Semangat yang menggelora itu harus senantiasa kita miliki, karena Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja Pemerintah haruslah mampu menjadi pelopor dan pembaharu yang inspiratif.”(Ujarnya)

Selanjutnya penyerahan plakat dan penghargaan ucapan terima kasih kepada Pembina Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Tim Penggerak PKK serta penyerahan plakat Cendra mata pensiun tugas Camat Tayan Hilir Toni Kulung oleh Bupati Sanggau, dilanjutkan dengan sambutan Bupati Sanggau, pemukulan gong dan pemotongan tumpeng pembuka secara resmi kegiatan tersebut.

“Pada kesempatan ini saya hanya ingin kembali mengingatkan kepada kita semua khususnya para Tim Penggerak PKK bahwa ini sudah masuk ke periode kedua saya sebagai Bupati, ada PR yang belum kita selesaikan salah satunya menciptakan sebuah produk unggulan khas Sanggau. Pengalaman saya kemarin ada seorang mahasiswi yang ingin datang ke Sanggau, lalu dia bertanya kepada saya apa produk unggulan sanggau, saya hanya bisa jawab “banyak”, karena saya sampai saat ini masih bingung apa produk unggulan yang ada di sanggau ini. Tadi kita sudah melihat penampilan dari peserta lomba yang memamerkan batik sabang merah dan itu bagus-bagus semua, nah mungkin batik sabang merah ini bisa menjadi suatu produk unggulan Sanggau kedepannya. Saya berharap tidak hanya kreatifitas dari para anggota PKK saja tetapi kita semua bapak-bapak, ibu-ibu, muda-mudi sanggau, ayolah berkreasi bikin sesuatu yang bisa menjadi ciri khas Sanggau, jadi Sanggau punya produk unggulan yang bisa menjadi bekal untuk tamu-tamu yang datang ke Sanggau.” (Tegasnya)

Penulis: Izar