Gereja Katolik Santo Fransiskus Asisi Stasi Bondes di Resmikan

//DISKOMINFO-SGU//
SANGGAU – Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP, M.Si hadir dalam peresmian dan pemberkatan Gereja Katolik Santo Fransiskus Asisi Stasi Bondes, Desa Pandan Sembuat, Kecamatan Tayan Hulu, Minggu (17/11/2019). Pemberkatan Gereja dilakukan oleh Uskup Keuskupan Sanggau, Mgr.Julius Giulio Mencuccini, CP dan sekaligus memimpin Misa bersama.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Sekcam Tayan Hulu, Manudi, Forkompimcam, Pastor Paroki John Edi, Pastor Fedelis, Kades Pandan Sembuat, Titus Linggang Hari, SE, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan masyarakat (umat) Stasi Bondes.

Kedatangan Bupati Sanggau bersama Uskup Keuskupan Sanggau beserta rombongan disambut hangat oleh masyarakat (umat) Stasi Bondes. Yang mana sebelum melaksanakan pemberkatan dan Misa bersama, terlebih dahulu dilaksanakan ritual adat Dayak dan pancung buluh muda, pembukaan plang nama Gereja serta pemotongan pita oleh Bupati Sanggau dan dilanjutkan dengan pemberkatan bagian luar dan dalam oleh Uskup Keuskupan Sanggau.

Pada kesempatan tersebut, Pastor Paroki Sosok John Edi menyampaikan adapun kontribusi dari umat, para donatur, dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau membuktikan bahwa terjalinnya simpul-simpul kerjasama antara pihak Gereja dengan Pemerintah Daerah dan para donatur sehingga dapat terwujudnya bentuk pembangunan Gereja tersebut.

“Saya merasa senang dan bangga sebagai Kepala Pastor Paroki dari Tahun 2015 hingga saat ini sebanyak 40 Gereja sudah diresmikan. Setiap tahun kita mewujudkan satu Gereja di kampung dan ini merupakan suatu program dari Paroki,” ucapnya.

Pastor, John Edi juga mengucapkan terimakasih kepada umat, para donatur serta dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau yang mau peduli terkait kehidupan rohani umat Katolik, sehingga dapat terwujudnya yang menjadi seven brand images dari pembangunan Kabupaten Sanggau yakni; masyarakat yang berbudaya dan beriman.

“Pesan saya bahwa kampung Bondes sudah memiliki Gereja. Setelah peresmian ini jangan sampai Gereja tinggal Gereja, akan tetapi mohon kiranya kepada kita semua untuk bisa membuka hatinya untuk selalu dengan penuh kesadaran untuk datang kepada Tuhan,” pesan Pastor Paroki John Edi.

Selanjutnya, Uskup Keuskupan Sanggau Mgr.Julius Giulio Mencuccini, CP menyampaikan bahwa Gereja ini merupakan Gereja yang ke-19 yang diresmikan untuk tahun 2019 ini.

“Untuk tahun 2019 ini sebanyak 19 Gereja yang sudah saya resmikan. Sejak saya menjadi Pastor Paroki hingga menjadi Uskup sekarang ini sudah meresmikan sebanyak 898 Gereja,” jelasnya.

Uskup Mgr.Julius Giulio Mencuccini, CP juga mengucapkan terimakasih kepada umat Stasi Bondes yang sudah membangun Gereja yang cukup megah ini.

“Berpesan agar dengan diresmikan Gereja yang megah ini supaya umat Stasi Bondes ini untuk bisa melaksanakan sembahyang dihari minggu dan diisi dengan kegiatan rohani,” pesan Uskup Keuskupan Sanggau Mgr.Julius Giulio Mencuccini, CP.

Pada kesempatan yang sama Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyampaikan bahwa dengan bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, umat dan juga dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau sehingga Gereja Katolik Santo Fransiskus Asisi Stasi Bondes pada hari diresmikan.

“Pembangunan Gereja ini merupakan program dari Pemerintah Kabupaten Sanggau yang setiap tahun kita selalu untuk penguatan iman dan ketaqwaan yaitu sebagaimana yang tertuang dalam seven brand images Kabupaten Sanggau yakni berbudaya dan beriman,” ujar PH sapaan akrab Bupati Sanggau.

Sebagai Bupati, ia juga merasa bangga dengan umat yang pada hari ini dan ditempat ini mereka masih semangat dan itu merupakan bukti iman seperti yang dikatakan Uskup.

“Terimakasih kepada masyarakat Dusun Bondes, kalian hebat luar biasa tentunya mudah-mudahan kedepan umat kita akan semakin baik,” ucapnya.

Penulis : Alfian