//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Pada saat Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si memimpin apel kesadaran nasional, berkesempatan untuk melepaskan secara resmi keberangkatan Kontingen Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kabupaten Sanggau, dengan mengirimkan sebanyak 46 orang yang terdiri dari panitia, atlet, official, pelatih dan medis untuk mengikuti 5 cabang olah raga yang dipertandingkan oleh Panitia POPDA Tahun 2019, yang berlangsung selama lima hari di Kota Pontianak, pelepasan di pusatkan di Halaman Kantor Bupati Sanggau, Senin pagi (17/6) pukul 08.00 WIB.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Sanggau Drs.Yohanes Ontot, M.Si, Sekda Sanggau A.L.Leysandri, SH, Para Asisten Setda Sanggau, Kepala OPD Kabupaten Sanggau dan seluruh ASN dan Tenaga Kontrak dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sanggau F.Meron, S.Sos, M.Si dalam laporannya mengatakan bahwa Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (POPDA) diselenggarakan sebagai bagian dari sistem kompetisi olahraga pelajar yang berjenjang dan berkelanjutan pada tingkat daerah, yang akan dilaksanakan dari tanggal 17 Juni sampai dengan 21 Juni 2019, yang akan berlangsung di Kota Pontianak.

“POPDA merupakan babak kualifikasi beberapa cabang olah raga untuk seleksi para atlet Provinsi Kalbar dan sekaligus membentuk kontingen menuju Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL) yang diadakan setiap dua tahun sekali,” kata Kadis Porapar Sanggau F.Meron.

Kontingen POPDA Kabupaten Sanggau mengirim 11 orang panitia, 23 orang atlet, 5 orang official, 5 orang pelatih dan 2 orang medis, untuk mengikuti 5 Cabang olahraga yakni, atletik, tinju, volly pasir, taekwondo dan karate.

“Adapun maksud dan tujuan pengiriman kontingen POPDA Kabupaten Sanggau ke Pontianak, antara lain; pertama, media untuk memupuk, memelihara dan menggalang persatuan dan kesatuan dikalangan pelajar; kedua, seleksi calon olahragawan pelajar untuk mengikuti POPWIL 2019 di Jawa Barat dan POPNAS 2019 di Papua dan ketiga, sarana evaluasi terhadap pelaksanaan pembinaan olahraga pelajar oleh daerah,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sanggau Paolus Hadi menyampaikan kepada peserta apel dan juga masyarakat Kabupaten Sanggau untuk bersama-sama mendukung para atlet Sanggau pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA), yang akan berlangsung di Kota Pontianak mendatang.

“Mari kita bersama-sama mendukung Kontingen POPDA Kabupaten Sanggau, semoga bisa berprestasi dalam membawa nama baik Kabupaten Sanggau dan bisa mewakili Provinsi Kalbar pada Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL) di Jawa Barat dan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) Tahun 2019 di Papua,” himbauan Bupati Sanggau Paolus Hadi.

Bupati Paolus Hadi mengucapkan selamat bertanding, semangat, karena mimpi seorang atlet yaitu juara dan diharapkan bisa menang membawa nama baik Kabupaten Sanggau.

“Tentu diharapkan selain dari tujuan akhir berprestasi yakni juga untuk membiasakan diri kita untuk menjalankan pola hidup sehat dengan berolahraga, karena olahraga juga merupakan bagian penting dalam membangun bangsa,” tuturnya.

Penulis         : Alfian