//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si turut hadir menyaksikan pertandingan partai final turnamen sepak bola “Gawai Cup III” Tahun 2019, antara kesebelesan OMK Parbata FC melawan The Begin Junior, bertempat di lapangan sepak bola Dusun Empinang, Desa Empirang Ujung, Kecamatan Balai, Minggu sore (16/6) pukul 16.00 WIB.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Dandim 1204/Sanggau Letkol Inf.Gede Setiawan, Waka Polres Sanggau Kompol Damianus, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Ketua TP-PKK Kabupaten Sanggau Arita Apolina, S.Pd, M.Si, Camat Balai Drs.Lovianus Anus, Forkompimcam, Kades Empirang Ujung Dores, A.Md, Ketua Panitia Lonjong, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, serta seluruh masyarakat Desa Empirang Ujung.

Kedatangan Bupati Sanggau beserta rombongan disambut hangat oleh masyarakat Dusun Empinang, Desa Empirang Ujung, Kecamatan Balai. Yang mana sebelum menuju ketempat pertandingan terlebih dahulu dilaksanakan ritual adat Dayak yaitu pancung buluh muda oleh Bupati Sanggau.

Adapun turnamen sepak bola gawai cup III di Dusun Empinang, Desa Empirang Ujung, Kecamatan Balai ini diikuti sebanyak 60 tim dari berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Sanggau, antara lain; Kecamatan Balai, Tayan Hulu, Tayan Hilir dan juga turut berpartisipasi yaitu dari Kecamatan Jelimpo, Kabupaten Landak.

Dapat dilihat lapangan sepak bola Dusun Empinang, Desa Empirang Ujung dipadati para penonton (masyarakat), sehingga terdengar suara gemuruh para supporter dari masing-masing kesebelasan yang menyelimuti lapangan hijau tersebut. Pertandingan partai final berlangsung begitu sengit, seru dan menegangkan, yang mana kedua kesebelasan ini merupakan tim terbaik yang berhasil maju pada babak final.

Adapun partai final dalam memperebutkan kejuaraan turnamen sepak bola “Gawai Cup III” tersebut, yakni antara kesebelasan OMK Parbata FC melawan kesebelasan The Begin Junior. Pertandingan dari kedua kesebelasan sama-sama imbang, yang pada akhirnya pada babak pertama dan kedua berakhir dengan skor imbang, yaitu dengan skor nol-nol. Sehingga dilanjutkan dengan adu pinalti dari kesebelasan OMK Parbata FC melawan kesebelasan The Begin Junior. Pada akhirnya dimenangkan oleh kesebelasan OMK Parbata FC dengan skor 4 – 2 atas kesebelasan The Begin Junior, sehingga kesebelasan OMK Parbata FC yang juga juara bertahan pada turnamen yang sama pada Tahun 2018 kembali menjuarai turnamen sepak bola Gawai Cup III Tahun 2019 di Dusun Empinang, Desa Empirang Ujung, Kecamatan Balai.

Pada kesempatan tersebut, Kades Empirang Ujung Dores mengucapkan terimakasih kepada Bupati Sanggau beserta rombongan yang sudah berkenan hadir pada penutupan turnamen sepak bola Gawai Cup III di Dusun Empinang, Desa Empirang Ujung, Kecamatan Balai.

“Perlu kami laporkan bahwa turnamen ini sudah dilaksanakan tiga kali berturut-turut dan dapat berjalan dengan aman dan tertib. Akan tetapi tidak terlepas atas dukungan dari pihak keamanan dan juga masyarakat yang sudah ikut berpartisipasi dalam mensukses turnamen ini,” jelas Kades Empirang Ujung Dores.

Lanjutnya, ucapan terimakasih kepada seluruh tim kesebelasan yang sudah berpartisipasi dalam turnamen sepak bola Gawai Cup III.

“Pada kesempatan turnamen sepak bola Gawai Cup III ini, diikuti peserta yang cukup banyak dengan total 60 tim. Sehingga dengan ini menunjukkan bahwa yang mana kampung yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan banyak dikenal oleh masyarakat luar,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sanggau menyampaikan senang bisa hadir dan bertemu langsung (tatap muka) dengan masyarakat Desa Empirang Ujung, Kecamatan Balai.

“Saya mengapresiasi semangat para finalis yang telah berjuang, bekerja keras, penuh semangat dalam bertanding dengan sportif sehingga turnamen ini bisa berjalan dengan lancar dan aman,” ujar PH sapaan akrab Bupati Sanggau.

Menurutnya, olahraga mesti terus dikembangkan agar Sanggau bisa berprestasi di even-even yang lebih besar.

“Dengan adanya turnamen sepak bola Gawai Cup Dusun Empinang, Desa Empirang Ujung ini sebagai ajang untuk bisa mengekpresikan bakat pesepak bola dan juga sekaligus untuk mencari bibit-bibit unggul pesepak bola khususnya untuk Kecamatan Balai, sehingga nanti bisa mengikuti pada ajang Daranante Cup tingkat Kabupaten Sanggau mendatang. Yang mana tim Putika dari Kecamatan Balai ini pernah menjuarai pada Daranante Cup. Maka dari itu agar kedepan bisa terus ditingkatkan prestasi yang penah diraih,” tuturnya.

Adapun nama-nama tim yang menjuarai pada turnamen sepak bola Gawai Cup III Tahun 2019 di Dusun Empinang, Desa Empirang Ujung, kecamatan Balai, antara lain; juara pertama OMK Parbata FC, juara kedua The Begin Junior, juara ketiga Dunhil,  juara keempat Rundaz FC dan top skor atas nama Yevta dari kesebelasan Rundaz FC dengan jumlah 8 gol.

Penulis         : Alfian