Dinas Kominfo Kab.Sanggau Melaksanakan Rakor Tim Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Melalui SP4N-LAPOR

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Melalui SP4N-LAPOR Kabupaten Sanggau, bertempat di Aula Bapenda Sanggau, Selasa (13/7/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau H. Burhanuddin, SH, MH yang juga selaku Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau Joni Irwanto, para Sekretaris Badan/Dinas selaku pejabat penghubung, serta para admin dari masing-masing SKPD.

Dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau Joni Irwanto menyampaikan bahwa pelaksanaan Rakor ini adalah sebagai tindaklanjut hasil monitoring dan evaluasi pengelolaan pengaduan pelayanan publik melalui SP4N-LAPOR Tahun 2021 bulan lalu.

“Rakor ini diharapkan dapat mensinergikan kinerja pengelola SP4N-LAPOR di lini pejabat penghubung dan admin terutama dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk memberikan pengawasan terhadap pelaksanaan pelayanan publik dengan memberikan laporan, pengaduan, aspirasi dan permintaan informasi. Meningkatnya kepedulian masyarakat diharapkan akan mendorong terwujudnya pelayanan publik yang lebih baik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau,” jelas Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau, Joni Irwanto.

Lanjut dikatakan Kepala Dinas Kominfo bahwa sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja tim pengelola, Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau juga akan memberikan bimbingan pendampingan teknis khususnya bagi pejabat penghubung dan admin yang baru.

“Selain itu sasaran pembinaan lain yang tidak kalah pentingnya adalah, pembinaan yang dilakukan kepada masyarakat. Dimana di Tahun 2021 ini telah direncanakan pelaksanaan pembinaan atau edukasi kepada masyarakat yaitu kegiatan sosialisasi melalui perangkat desa dan aparatur kecamatan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau Burhanuddin berharap melalui kegiatan ini dapat mendorong semangat kita dalam meningkatkan kinerja pengelolaan pengaduan pelayanan publik melalui SP4N-LAPOR sebagaimana yang hendak kita wujudkan bersama.

“Dalam ekspos yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo tadi, memberikan gambaran bahwa pengelolaan pengaduan pelayanan publik di Kabupaten Sanggau telah menunjukan hasil yang menggembirakan. Setidaknya hasil monitoring dan evaluasi di tingkat Provinsi Kalimantan Barat, sudah menempatkan Kabupaten Sanggau berada di posisi lima besar pertama sebagai pengelola SP4N-LAPOR terbaik,” ujar Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Sanggau, Burhanuddin.

Lanjut disampaikan Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau Burhanuddin “Sebagaimana yang pernah saya sampaikan dalam pembukaan monitoring dan evaluasi pengelolaan pengaduan pelayanan publik beberapa waktu yang lalu, bahwa target yang hendak dicapai dari pengelolaan yang baik itu adalah semakin baiknya pelayanan publik pemerintah daerah yaitu pelayanan yang dapat memberikan rasa puas bagi masyarakat,” ujarnya.

“Pelayanan yang baik tentu menjadi harapan bersama masyarakat, dan itu adalah indikator yang harus kita wujudkan dari tujuan pengelolaan SP4N-LAPOR ini. Keberadaan tim pengelola pengaduan pelayanan publik yang telah siap menjalankan tugas kita harap mampu menjawab dan menyelesaikan semua permasalahan yang terjadi dalam lingkaran pelayanan publik itu. Karena apa? karena semua pengawasan dan kontrol masyarakat tersampaikan dalam laporan, baik dalam bentuk pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi yang tentunya harus dijawab atau ditindaklanjuti,” katanya.

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau berharap kepada tim pengelola pengaduan ini dapat terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya laporan pengaduan disampaikan.

”Masyarakat harus diyakinkan bahwa pengawasan merupakan bagian dari partisipasi dalam membangun Sanggau, harus ada jaminan bahwa identitas mereka dilindungi dan dirahasiakan, agar mereka tidak ragu dalam melapor. Kita bersyukur di daerah kita telah dibuka Mall Pelayanan Publik (MPP) yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan. Tantangan kita adalah bagaimana kita menyiapkan sumber daya yang handal dalam memberikan pelayanan, memiliki penampilan menarik, tutur bahasa yang sopan dan prilaku yang bersahabat dan menyenangkan,” tuturnya.

Penulis         : Alfian