//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (PLN UIP Kalbagbar) beserta jajaran melakukan pertemuan dengan Bupati Sanggau. Pertemuan dengan agenda penyampaian kemajuan pekerjaan proyek infrastruktur ketenagalistrikan di Kabupaten Sanggau bertempat di Ruang Kerja Bupati Sanggau rabu (06/11/2019) 09:00 Wib.

Hadir Bupati Sanggau Paolus Hadi S.IP., M.Si, General Manajer PLN Kalimantan Barat, Ir. H Rachmat Lubis MM, Adliansyah Manager PT.PLN (Persero) UPP Kalbagbar II.

Genderal Manajer PLN Kalimantan Barat adapun maksud dan tujuan datang ke Kab.Sanggau yaitu untuk bersihlatuhrami dengan Bupati sanggau untuk pertama kalinya dan memperkenalkan manajer baru kami untuk wilayah Kab.Sintang dan Kab.Sanggau, kami juga menyampaikan progres pembangunan infrastruktur gardu induk dan transmisi di Kec.Tayan yang sudah selesai. Kemudian untuk transmisi Kec.Tayan menuju Kab.Sanggau di targetkan selesai pada tahun ini dan khususnya di Kab.Sanggau gardu induknya sendiri dalam kapasitas 60 MVa akan selesai ditahun ini juga,”Ujarnya.

“Apabila transmisi tersebut telah beroperasi, maka akan terhubung ke sistem kelistrikan Khatulistiw. Dengan terhubungnya transmisi kedalam sistem, nantinya pembangkit – pembangkit listrik berbahan diesel di Kab.Sanggau akan dimatikan sehingga biaya produksi listrik dapat lebih efisien dan tentunya penyaluran listrik menjadi lebih andal”Ujarnya.

ia menambahkan, Jalur transmisi yang membentang sepanjang 146,4 kilometer ini merupakan salah satu prioritas pembangunan ketenagalistrikan dibagian utara Kalimantan Barat. Total terdapat 235 tapak tower dibangun yang melintasi 19 desa dan 6 kecamatan.

Kami berencana untuk menjadikan wilayah sungai batu sebagai area industri, sehingga ketersediaan listrik menjadi poin penting yang menarik untuk investor”,Ujarnya.

Jika transmisi dari Kec.Tayan hingga Kab.Sanggau terselesaikan pada tahun ini maka akan memperkuat sistem kelistrikan di Kab.Sanggau yang selama ini hanya dipasok oleh PLTD kedepanya sudah bisa dipasok dari Pontianak sehingga kelistrikan di Kab.Sanggau semakin meningkat. Menurut Genderal Manajer PLN Kalimantan Barat, Ir. H Rachmat Lubis MM “kapasitas 60 MVa sudah sangat cukup untuk mendistribusikan seluruh jaringan di wilayah Kab.Sanggau” dan target kami dari jaringan Kab.Sanggau hingga Kab.Sintang untuk permasalahan kelistrikan akan segera terpenuhi,”Tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Sanggau, sangat mengapresiasi dan mendukung kelancaran pembangunan proyek strategis nasional tersebut. “Proses konstruksi SUTT 150 kV ini kami harapkan dapat menjamin keandalan penyaluran listrik untuk masyarakat., masukan – masukan dari  bupati intinya adalah meningkatkan sinergi untuk kedepanya yang sangat diperlukan dalam rangka mensukseskan kelistrikan pelaksaan pekerjaan serta mendorong investasi – investasi di Kab.Sanggau.

“Kami berharap terhubungnya transmisi ini ke sistem khatulistiwa, desa – desa yang belum teraliri listrik di Kab.Sanggau bisa segeraq menikmati listrik dan enjadikan sanggau terang dalam 5 tahun ke depan,”Pungkasnya.