SANGGAU, Rangkaian Kegiatan Gawai Dayak Kabupaten Sanggau secara resmi telah dimulai dengan Ritual Adat khas Tayan Hilir meminta izin dipedagi Akek Macant Nyawi dan memanggil semangat padi disalah satu bekas ladang milik warga Kabupaten Sanggau di Desa Sebara, Sabtu (6/7/2019) Pagi.

Rangkaian kegiatan ritual tersebut dilakukan didua tempat berbeda secara berurutan dengan sejumlah persiapan alat perega ritual untuk betabe (permisi) dan meminta doa keselamatan kepada Jubata atau Akek Penompa (Tuhan) terhadap pelaksanaan kegiatan Gawai Dayak Nosu Minu Podi agar berjalan aman, lancar, cuaca mendukung, sukses sesuai harapan bersama.

Sebagai tokoh tertua masyarakat adat dayak Kabupaten Sanggau, yang merupakan Ketua DAD Kabupaten Sanggau juga menjabat sebagai Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M. Si, turut serta hadir dalam prosesi rangkaian kegiatan Ritual Adat khas masyarakat adat Dayak tersebut.

“Ini merupakan kegiatan baik dan harus dilestarikan agar anak cucu kita kelak bisa mengimplementasikannya dimasa mendatang agar tidak hilang ditelan jaman,”ungkap Yohanes Ontot saat ikut prosesi adat memanggil semangat padi di salah satu bekas ladang masyarakat.

 

Ia menambahkan, Dengan dimulainya rangkaian acara pomang di pedagi dan memanggil semangat padi diharapkan acara kegiatan gawai dayak kabupaten sanggau tahun 2019 bisa berjalan dengan lancar, aman serta memperoleh berkah dan hasil panen padi melimpah ditahun yang akan datang.

Penulis: Sukardi