SANGGAU, Mengingat waktu yang tidak begitu lama lagi, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsosp3akb) Kabupaten Sanggau, Selasa (5/11/2019) pagi, mengadakan rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Upacara Bendera dan Ziarah pada hari Pahlawan Nasional.

Hari Pahlawan Nasional kali ini, jatuh pada hari Minggu (10/11/2019) dengan mengusung tema “Aku Pahlawan Masa Kini”. Dimana kegiatan utama, upacara bendera dilaksanakan di depan kantor Bupati Sanggau yang dimulai pada pukul 08.00 wib, setelah itu dilanjutkan upacara di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sanggau sekaligus ziarah dan tabur bunga.

Selanjutnya upacara bendera nantinya sebagai inspektur dipimpin langsung oleh Bupati Sanggau, Komandan upacara bendera dari Polres Sanggau, sedangkan untuk petugas upacara di TMP komandan dari Kodim 1204/Sanggau dan bunga tabur dipersiapkan oleh masing-masing OPD.

Salah satu Kabid di Dinsosp3akb Valentinus Sudarto mengatakan terkait pelaksanaan upacara bendera dan ziarah ke makam pahlawan yaitu guna mengenang dan menghormati pejuang para pahlawan dan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan. Adapun tujuan diantaranya : membangun ingatan kolektif untuk menggerakkan kesadaran berbangsa dan bernegara yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut, guna memperoleh nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan dan kesetia kawanan sosial demi tegak dan utuhnya NKRI. Juga, meningkatkan kebanggaan sebagai Bangsa dan Negara Indonesia.

Rapat berjalan dengan lancar, peserta yang hadir masing-masing mengutarakan sesuai bidang tupoksinya, kemudian terkait pakai pada upacara nanti, untuk eselon II dan III menggunakan PSL, eselon IV dan Staf menggunakan Korpri lengkap Peci, Tenaga Kontrak menggunakan pakaian Hitam-Putih, Tokoh Adat menggunakan pakaian Adat, Pelajar ditentukan ada yang menggunakan pakaian Pramuka dan juga ada yang menggunakan pakaian Putih-Abu2.

Hadir dalam rapat, Pasi pers Kodim 1204/Sanggau Kpt Kav.Yudianto, Kabag Sumda Polres Sanggau AKP Suparwoto, Bagian Tapen Setda L.Toto Martono, Dinas Kominfo Kab.Sanggau Sukardi, Protokol Setda Agus Riyanto, RT Setda Taufik, Dinsosp3akb Rena Pardede dan Usmin, Disporapar Kab.Sanggau F.Fadry Saulus.

Berikut rencana gladi ditetapkan pada, Jumat (8/11/2019) pukul 15.30 wib, di halaman Kantor Bupati Sanggau.

Peserta Upacara, ASN, Kodim 1204/Sanggau, Kompi B 642/Kps, Polres Sanggau, Satpol PP, Organisasi, Pelajar dan undangan lainnya.

Seksi seksi : Keamamanan Gabungan, Soundsistem Pemda, Dokumentasi Diskominfo dan Humas Setda, Bendera Disporapar (Paskibraka), pesan kesan anggota Paskibraka, Bunga tabur Satuan/OPD masing masing.

Penulis : Sukardi