PEMBUKAAN RAKOR DAN SOSIALISASI PEMANFAATAN DATA DAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN

//IZAR DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU, Dilaksanakannya Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependuduukan yang dibuka oleh Bupati Sanggau yang diwakili oleh Staff Ahli Bupati Ignasius Irianto, S.Sos., M.Si., bertempat di Ruang Musyawarah kantor Bupati Sanggau, Senin, 5 Agustus 2019. Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Prov. Kalbar yang diwakili oleh Kepala Bidang Kelembagaan Mariati selaku Narasumber, Kadis Dukcapil Kab. Sanggau Eduardus Evald, S.Sos, selaku Ketua Panitia, Kepala Camat, Kepala OPD, serta seluruh peserta Rakor sebanyak 51 peserta.

Sambutan Bupati Sanggau yang disampaikan oleh Staff Ahli Bupati “Dalam hal pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan, Dinas Dukcapil Kab. Sanggau terus melakukan penguatan pemahaman Pemanfaatan Data Kependudukan kepada Organisasi Perangkat Daerah di Kab. Sanggau baik itu melalui Sosialisasi maupun Rapat Koordinasi seperti yang dilaksanakan pada saat ini. Sebagaimana kita ketahui bahwa dalam penyusunan rpjmd Kabupaten Sanggau tahun 2019 ini telah ditargetkan sekurang-kurangnya 12 organisasi Perangkat Daerah yang melaksanakan Perjanjian Kerjasama dengan Dinas Dukcapil Kabupaten Sanggau, sementara ini yang baru terealisasi sebanyak 2 OPD, yaitu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana.” Ujarnya

“Dengan demikian masih ada 10 organisasi perangkat daerah yang segera melaksanakan perjanjian kerjasama dengan Dinas Dukcapil Kabupaten Sanggau. Adapun manfaat dari perjanjian kerjasama ini adalah agar setiap OPD dapat mengakses elemen data dari Dinas Dukcapil Kabupaten Sanggau sesuai kebutuhannya, sedangkan untuk peralatan perangkat lunak harus disiapkan oleh masing-masing OPD.” Tegasnya.

Penulis: Izar