Kadis Kominfo Sanggau Menutup Webinar Peningkatan Teknik Public Speaking Kepada Tenaga Pendidik

//Diskominfo Sanggau//

S A N G G A U – Dilaksanakannya kegiatan Webinar RRI Sanggau bersama Pemerintah Kabupaten Sanggau dalam peningkatan Teknik public speaking kepada tenaga pendidik, bertempat di Media Centre Kab. Sanggau, Senin (05/07/2021).

Kegiatan dibuka oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP., M.Si, yang juga di hadiri oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau, Joni Irwanto, Kepala RRI Entikong Kab. Sanggau, Budi Nugroho, dan tenaga pendidik Kab. Sanggau, serta Narasumber dari Direktur Program dan Produksi LPP RRI, Soleman Yusuf, Kepala LPP RRI Bengkulu, Nenny Afrantiny, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sanggau, Sudarsono, yang bergabung secara virtual.

Sebelum menutup kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kominfo Sanggau Joni Irwanto mengatakan bahwa para guru atau tenaga pendidik sebagai public speaking yang baik yang di embankan oleh negara untuk menyampaikan informasi yang benar dan objektif kepada masyarakat.

“Pemerintah Sanggau ini memerlukan Bapak/Ibu sebagai public speaking yang baik, baik itu Bapak/Ibu mentransfer ilmu kepada anak didiknya di sekolah di masa pandemi ini, atau Bapak/Ibu mempunyai tugas yang diembankan oleh daerah, diembankan oleh negara untuk menyampaikan program informasi yang benar dan objektif kepada masyarakat. Ujung tombaknya yang ada di Desa, di Kecamatan itu adalah para guru. Kami menilai para guru ini sudah mempunyai modal dasar kemampuan untuk menyampaikan informasi, mentransformasi nilai edukasi kepada masyarakat dengan kemampuan basis yang sudah ada. Oleh karena itu memang guru-guru ini dengan informasi yang beredar di seluruh jagat raya ini adalah orang-orang yang piawai mengelola informasi itu menjadi informasi yang bermanfaat bagi masyarakat kita,” ujarnya.

Selanjutnya Beliau juga menegaskan bahwa salah satu ancaman bagi kita ketika kita berbagi informasi adalah berita hoax atau berita bohong. Oleh karena itu selain kemampuan-kemampuan keberanian yang disampaikan oleh narasumber tadi kita sebagai abdi negara, abdi masyarakat yang mempunyai tujuan khusus mentransfer seluruh pengajaran yang disampaikan kepada murid kita, mempunyai beban untuk melawan hoax ini karena hoax itu adalah musuh utama bagi kecerdasan bangsa.

“Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya mengajak kita semua bapak ibu guru yang ada di kecamatan, di desa dan sebagainya. Berkaitan dengan ini mari kita lebih selektif melihat informasi yang disampaikan kepada masyarakat, pada lingkungan kepada anak-anak didik kita, berita-berita yang memang secara tabayyun itu sudah dikonfirmasi berulang-ulang, adalah berita yang benar, berita yang objektif dan berita yang mempunyai misi menyampaikan program-program pemerintah ini untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” tegasnya

“Dari materi kita ini, segera kita selain melakukan latihan, masyarakat kelompok di dalam kehidupan sosial budaya kita ini, mengharapkan bapak ibu guru selain pandai mengajarkan ilmu di kelas dengan anak-anak juga masyarakat sosial budaya kita, mengharapkan bapak ibu jadi seorang public speaker yang baik kepada masyarakat,” sambungnya.

Penulis: Izar