//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsosp3akb) bersama perwakilan OPD Kabupaten Sanggau melakukan pembinaan Kampung Keluarga Berencana (KB) di Desa Lumut, Kecamatan Toba, Kamis (4/6/2019).

Pada kesempatan tersebut Ibu Marina, SKM selaku Kepala Seksi adv kie penggerakan & kemitraan Dinsosp3akb menyampaikan pentingan program Keluarga Berencana bagi masyarakat Desa Lumut.

“Keluarga Berencana (KB) bukan hanya persoalan jumlah anak dalam sebuah keluarga, tetapi juga menyangkut kondisi lingkungan dan kesehatan keluarga serta keadaan sosial yang ideal bagi sebuah keluarga,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bapak Paulinus Ledin, S.AP, M.Lingk selaku Sekcam Toba juga ikut hadir mendampingi rombongan, sekaligus berkesempatan untuk mendengar dan menjawab beberapa pertanyaan masyarakat seputar pencatatan sipil dan masalah tanah warga.

“Pihak Kecamatan Toba bersedia membantu dan mendampingi bila ada warga yang ingin mengurus surat-menyurat ke Sanggau, akan tetapi tentunya harus disertai dengan  data-data yang jelas dan bisa dipertanggung jawabkan,” ujar Paulinus Ledin Sekcam Toba.

Pada kesempatan yang sama, Bapak Sunardi, S.E selaku perwakilan dari Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau mensosialisasikan tentang berita hoaks kepada masyarakat Desa Lumut.

“Perlu disampaikan bahwa berita hoaks adalah berita bohong yang dibuat secara sistematis sesuai dengan isu yang sedang berkembang dan disebarkan secara masif dengan tujuan provokatif untuk menimbulkan keresahan ditengah masyarakat. Sebijaknya warga selaku pengguna media online bisa tanggap atas berita-berita yang tersebar, pastikan kebenarannya dan bisa menyaring sebelum kemudian diteruskan atau hanya sebagai konsumsi pribadi,”katanya.

Terkait program kampung KB ini yang merupakan salah satu kegiatan dari Dinsosp3akb Kabupaten Sanggau. Diharapkan dengan adanya program kampung KB ini warga Desa Lumut bisa hidup lebih baik. Bukan hanya secara ekonomi tetapi juga mencakup kesehatan keluarga, lingkungan dan sosial masyarakat,” tuturnya.

Penandatanganan kesepakatan bahwa sudah bekerjasama ikut andil dalam program Keluarga Berencana (KB) khususnya di Desa Lumut, Kecamatan Toba.

Penulis: Tatag Suasono, S.T