//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Ribuan obor memeriahkan datangnya bulan suci ramadhan 1440 H yang digelar PHBI Kabupaten Sanggau, Sabtu (4/5/2019) malam. Acara yang melibatkan Pemerintah Daerah, Polres Sanggau, Kementerian Agama Sanggau, Persatuan Orang Melayu (POM) Sanggau, Bhayangkari, Persit Kartika Chandra Kirana, Instansi Pemerintah, Pasak Sanggau, Ormas Islam, Organisasi Kepemudaan Islam, Paguyuban, Majelis Taklim, Pengurus/Jamaah Masjid dan Surau, serta pelajar di Kota Sanggau itu dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum Setda Sanggau, H. Joni Irwanto, S.IP. Star dan finish dipusatkan di halaman Pemda Sanggau.

Dalam sambutannya, Asisten Administrasi Umum (Asisten 3) Setda Sanggau H.Joni Irwanto, S.IP menyampaikan, bulan ramadhan yang akan segera kita laksanakan, merupakan momentum yang lebih dahsyat dari perang badar maupun perang uhud sekalipun.

“Ini merupakan perang total kita kepada keangkuhan, kebohongan, dan kesia-siaan menuju kepada kebenaran dan kecerdasan akhlak manusia yang beriman dan bertaqwa,”

Joni menegaskan, ramadhan bukan ibadah yang bersifat ceremonial belaka, akan tetapi ibadah yang mampu membentuk sikap yang mulia, baik kepada Allah SWT maupun kepada sesama mahkluk-Nya.

“Dengan datangnya bulan ramadhan ini, saya secara pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau, Bupati dan seluruh Pegawai mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan 1440, semoga kita menjadi manusia-manusia yang bertaqwa,” kata Joni sapaan akrab Asisten 3 Setda Sanggau.

Sementara itu, Ketua pelaksana pawai obor yang juga adalah Ketua POM Sanggau, Hasanuddin mengajak dan mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk sama-sama menjaga situasi Kamtibmas disaat Ramadhan demi terwujudnya Sanggau yang bermartabat.

“Mari, dibulan yang penuh barokah ini, kita sucikan hati dan diri kita dari hal-hal yang merusak amal kita kepada Allah SWT hingga sampai menuju hari kemenangan. Selamat menyambut bulan suci ramadhan 1440 H/2019 M,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Sanggau AKBP.Imam Riyadi, S.IK, MH dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya bahwa pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Sanggau berlangsung aman dan kondusif. Hal itu dikatakannya berkat kerja sama dan kerja keras semua pihak, saling bahu membahu menjaga situasi yang kondusif di Kabupaten Sanggau. Oleh karenanya, Kapolres meminta semua pihak menjaga situasi ini agar tetap terpelihara dengan baik.

“Seluruh masyarakat Sanggau ini adalah keluarga besar. Sehingga toleransi antar agama dan etnis ini harus terus kita pupuk dan kita jaga bersama sehingga dapat terwujud Kabupaten Sanggau yang berbudaya dan beriman menuju Sanggau maju dan terdepan,” pungkas Kapolres.

Wakil Ketua PHBI Sanggau, Ahmad Saukani menyampaikan bahwa kegiatan ini bekerjasama dengan POM Sanggau, Pemda Sanggau dan Polres Sanggau.

“Awalnya kita hanya ingin mengadakan pawai seperti biasa saja yang akan kita laksanakan pada Minggu tanggal 5 Mei 2019, akan tetapi karena ada keinginan dari anak muda kita dari POM yang ingin berkreasi maka PHBI Kabupaten Sanggau mengakomodir kegiatan itu sehingga bisa kita laksanakan pada malam hari ini,” kata Saukani.

Kepada seluruh peserta diminta untuk menjaga ketertiban selama pawai obor berlangsung.

“Saya minta masing-masing peserta bertanggungjawab terhadap obor yang dipegangnya itu sehingga tidak menimbulkan masalah yang baru. Api ini kalau kecil bisa jadi kawan tapi kalau besar bisa jadi lawan,” pungkasnya.

Usai menyampaikam sambutan, Asisten Administrasi umum Setda Sanggau, H. Joni Irwanto, Kapolres Sanggau AKBP. Imam Riyadi, Dandim 1204/Sgu Letkol. Inf. Gede Setiawan, Kepala Kantor Kementerian Agama Sanggau H. M. Taufik, Ketua POM Sanggau Hasanuddin berkesempatan melepas peserta pawai obor mengeliling Kota Sanggau. Agar acara lebih meriah, Kapolres Sanggau menyiapkan door prize berupa kulkas, kipas angin dan belasan peralatan elektronik lainnya.