Bersama Kita Bisa, Ayo Lawan Covid-19 Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Sanggau, Sebagai upaya memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sanggau tim Penegak Hukum (Gakum) Perbup Nomor 47 Tahun 2020 mengajak bersama masyarakat Sanggau untuk mematuhi Protokol Kesehatan (Protkes), berperilaku hidup bersih dan sehat serta bersama kita bisa lawan Covid-19.

Rapat Evaluasi tim Gakum pada Selasa (3/11) Siang bertempat di kantor TRC Sanggau, membahas kegiatan yang sudah dilakukan tim Gakum pada bulan Oktober dan sekaligus sebagai evaluasi dalam melaksanakan kegiatan di bulan November.

Kasat Pol PP Victorianus yang juga Ketua Gakum Kabupaten Sanggau, dalam kesempatan tersebut melaporkan bahwa kegiatan Gakum Perbup Nomor 47 Tahun 2020 pada bulan Oktober lalu telah dilaksanakan dengan baik dan lancar. Tegas namun sekaligus merangkul masyarakat serta memberikan pemahaman agar masyarakat peduli terhadap kesehatan diri, keluarga dan orang lain atau sesama.

Hasil setiap kegiatan telah direkap di Sekretariat Gakum di Kantor Sat Pol PP kemudian rekap tersebut dilaporkan ke Kemendagri setiap kali pelaksanaan kegiatan.

Selanjutnya Ketua Gakum Victorianus menambahkan bahwa jumlah kegiatan pada bulan Oktober sebanyak 20 hari dengan tim ada dua tim Gakum sehingga berjumlah 40 kali kegiatan, waktu pelaksanaan kegiatan pagi pukul 08.00 wib hingga selesai dan malam pukul 20.00 wib hingga selesai.

Berikut Hasil kegiatan, 955 perorangan yang terjaring dalam operasi pelanggaran protokol kesehatan, dikenakan sanksi sosial berupa teguran tertulis dan kerja sosial membersihkan fasilitas umum selama 15 menit, 129 pelaku usaha berupa pengecekan protokol kesehatan sesuai jenis usaha, 36 perkantoran pemerintahan dilakukan pengecekan protokol kesehatan, 17 tempat ibadah diantaranya 15 mesjid dan 2 gereja berupa pengecekan protokol kesehatan.

Selanjutnya jumlah personil yang tergabung dalam gakum diantaranya : Polri 21 orang, TNI 9 orang, Polisi Militer (PM) 2 orang, Sat Pol PP 15 orang, OPD 38 orang dan Wartawan 7 orang dengan lokasi kegiatan di sekitar Kota Sanggau. Kemudian kegiatan gakum terus dilaksanakan hingga Desember 2020 mendatang dengan harapan agar masyarakat Sanggau peduli untuk bersama memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Bumi Daranante tercintai.

Penulis : Sukardi

3777 2049 Sukardi Diskominfo
Kata pencarian