//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau Drs.Yohanes Ontot, M.Si melaksanakan tapak tilas ke Sungai Sanggau, Batu setawar, Pancur Aji, Batu Sampai, Pulo Mas, Komplek Situs Mengkiang dan Masjid pertama Mengkiang yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau disetiap tahunnya, dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-403 Kota Sanggau Tahun 2019, Rabu pagi (3/4).

Turut hadir pada kesempatan tersebut Sekda Sanggau A.L.Leysandri, SH, Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau Drs.H.Gusti Arman, M.Si beserta Ratu Suri, Kapolres Sanggau AKBP.Imam Riyadi, S.Ik, MH beserta istri, Dandim Sanggau atau yang mewakili, Staff Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ignatius Irianto, S.Sos, M.Si, Kepala Pengadilan Negeri Sanggau Arief Boediono, SH, MH, Kepala Kantor Kemenag Sanggau Drs.H.M.Taufik, Ketua GOW Kabupaten Sanggau Ny.Yohana Kusbariah Ontot, Ketua DWP Kabupaten Sanggau Ny.Agnes Leysandri, S.Pd, Kepala OPD Kabupaten Sanggau atau pejabat yang mewakili, Camat Kapuas Drs.Alipius, M.Si beserta istri, Tokoh Masyarakat, Adat dan Agama serta masyarakat Desa Mengkiang.

Kegiatan napak tilas ini salah satu dari agenda rutin dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau di setiap tahunnya ketika menjelang Hari Jadi Kota Sanggau. Adapun tujuan dari napak tilas sendiri, tentu untuk mengetahui situs-situs dan peninggalan sejarah para raja dan para pejuang Sanggau terdahulu dalam membuat cikal bakal Kota Sanggau.

Pada kesempatan tersebut, Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau menyampaikan “Pada hari ini kita hadir di Komplek Makam para Raja tepatnya di Desa Mengkiang ini dalam rangka kegiatan tapak tilas yang diselenggarakan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau disetiap tahunnya ketika menjelang Hari Jadi Kota Sanggau. Pada kesempatan ini atas nama Kerajaan Sanggau, saya selaku salah satu pewaris dan waris dari pada Kerajaan Sanggau mengucapkan ribuan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau yang telah berbuat banyak terhadap Kabupaten Sanggau yang kita cintai ini. Karena kita sebagai bangsa yang besar, bermartabat dan berakhlak, maka dari itu jangan sampai melupakan sejarah, khususnya sejarah cikal bakal Kota Sanggau. Dalam rangka Hari Jadi ke-403 Kota Sanggau ini kita bersyukur dan menghargai para leluhur kita yang telah membuat cikal bakal yg namanya Sanggau ini. Karena bangsa yang besar adalah bangsa  yang menghargai sejarah, budaya dan adat yang dimiliki.” (Ujarnya)

Selanjutnya, Wakil Bupati Sanggau menyerahkan Bantuan Sosial (Bansos) berupa 10 paket seragam sekolah.

Bantuan Sosial (Bansos) untuk penyandang disabilitas, lansia, penyerahan kartu sehat dan bantuan beras sejahtera kepada masyarakat Desa Mengkiang.

Pada kesempatan yang sama Wakil Bupati Sanggau menyampaikan “Peringatan Hari Jadi ke-403 Kota Sanggau ini merupakan bagian dari yang pertama yaitu Hari Jadi ke-401 Kota Sanggau yang juga sudah dilakukan napak tilas di Makam para Raja di Desa Mengkiang ini. Kita sebagai orang Sanggau sudah menetapkan Hari Jadi Kota Sanggau tepatnya pada tanggal 3 April, Yang mana besok merupakan acara puncak yang  akan dilaksanakan upacara peringatan Hari Jadi ke-403 Kota Sanggau dan juga digelar makan berami. Tentu kita juga terus berupaya menggali sejarah Hari Jadi Kota Sanggau, Yang mana di Komplek Makam para Raja tepatnya di Desa Mengkiang ini masih banyak situs-situs dan peninggalan-peninggalan sejarah yang perlu diteliti lebih lanjut, hingga nantinya bisa jelas asal muasal Kota Sanggau,” (Tuturnya)

“Tentu dengan harapan, agar anak dan cucu kita bisa paham dengan Hari Jadinya Kota Sanggau ini, dikarenakan ada fakta-fakta sejarahnya yang memperkuat. Oleh karena itu maka kita berharap kepada orang Sanggau harus bisa menghargai sejarah dari para leluhur kita dan perlu saya sampaikan bahwa Komplek Makam para Raja ini tidak boleh kita rusak, karena nanti akan bisa menjadi tempat wisata religius, maka dari itu saya menghimbau kepada masyarakat Desa Mengkiang khususnya dan Sanggau pada umumnya mari kita memelihara dan menjaga sebuah situs-situs dan sejarah ini, yang perlu terus kita gali dan dikembangkan sehinga bisa menjadi sebuah situs yang membanggakan Sanggau.” (Harapnya)

Penulis : Alfian/Izar