Wakil Bupati Sanggau saat melakukan panen raya padi dengan menggunakan mesin perontok padi.


Prosesi Panen Sayur Mayur

//KARDI – DISKOMINFO SGU//

KEMBAYAN, Rombongan Wakil Bupati Sanggau bertandang di dusun purwodadi desa tunggal bhakti kecamatan kembayan pada kamis (2/11) dalam rangka panen raya padi di sawah kelompok tani sekaligus panen sayur sayuran miliki tim penggerak PKK desa dan kelompok dasawisma, dilanjutkan meresmikan tempat penggilingan padi.

Dalam sambutannya camat kembayan Drs. Inosensius Nono menyampaikan bahwa desa tunggal bhakti ini adalah wajah desa dari 11 desa yg ada di kecamatan kembayan, dimana desa tunggal bhakti ini telah banyak memberikan contoh positif terhadap desa-desa lainnya, para kelompok tani telah sukses melaksanakan program swasembada beras hingga ekspor beras ke Malaysia, begitu juga dengan tim penggerak PKK dan kelompok dasawisma telah berhasil memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam sayur sayuran hingga hari ini telah terbukti dilakukan panen bersama dan selama ini juga hasil kebun sayur mayur kelompok maupun perorangan dari desa tunggal bhakti telah tersebar di beberapa kecamatan yang ada di kabupaten sanggau yang di jual di pasar-pasar sayur juga penjual sayur keliling.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Sanggau Ir.Jhon Hendri,M.Si, menyampaikan terkait panen padi, sayur sayuran dan peresmian rice milling unit (tempat penggilingan padi). ini merupakan kegiatan yang luar biasa, dimana hal ini telah menunjukkan hasil pekerjaan kelompok tani, ibu PKK maupun kelompok dasawisma telah berhasil menerapkan program pemerintah dengan baik sehingga desa tunggal bhakti dapat menjadi lumbung padi dan ekspor beras, selain lumbung padi oleh kelompok tani yang ada di desa mak kawing dan tebang benua kecamatan balai. lebih lanjut kepada kades bagaimana dapat mengelola Bumdes dengan baik dalam ekspor beras, dan mengelola penjualan sayur mayur kepada masyarakat luas di beberapa kecamatan terutama di pasar-pasar sayur yang ada di kecamatan dan saat ini pihak dinas telah membangun kios untuk menampung dan menjual beras dari para kelompok tani di kabupaten sanggau salah satunya adalah beras merah.

Semantara itu, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat Heronimus Hero mengungkapkan bahwa keberhasilan pertanian di kabupaten juga keberhasilan propinsi Kalbar karena hal ini merupakan satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan, dan program ini secara nasional guna mewujudkan Indonesian swasembada beras atau swasembada beras nasional, dan kabupaten sanggau salah satunya dan Sanggau juga telah mendapatkan PIN emas dari presiden RI karena swasembada beras.

Berikut Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si, ketika usai melakukan panen raya padi, mengatakan bahwa dirinya merasa bangga terhadap hasil panen yang telah dicapai, dan ini menunjukkan bahwa desa tunggal bhakti merupakan lumbung pangan di kawasan perbatasan, kemudian telah berhasil mensukseskan program nasional swasembada beras. ditambah lagi desa tunggal bhakti telah berhasil launching ekspor beras ke malaysia beberapa waktu lalu. dalam hal ini semangat para kelompok tani sungguh luar biasa sehingga tercapailah harapan apa yang kita inginkan bersama. menyangkut alat pertanian baik hentraktor maupun mesin perontok padi dan alat penunjang lainnya, begitu juga dengan tempat penggilingan padi yang telah diresmikan agar dipelihara serta dimanfaatkan dengan baik sehingga sangat membantu masyarakat kelompok tani itu sendiri, saat ini telah diterapkan sistem tiga kali tanam (tiga musim tanam) padi dalam setahun, sehingga tercapailah swasembada beras dan ekspor beras.
Terkait panen sayur sayuran Wakil Bupati berharap kepada tim penggerak PKK dan kelompok dasawisma terus giat agar terus dikembangkan terutama pemanfaatan pekarangan rumah sehingga kebutuhan akan Sayur Sayuran masyarakat di kabupaten Sanggau dapat terpenuhi dengan baik pungkasnya.

Selanjutnya kedepan badan usaha milik desa (Bumdes) harus membuat nama/merk terhadap kemasan barang yang akan dijual terutama beras sehingga dapat di ketahui oleh khalayak ramai bahwa kemasan tersebut mempunyai ciri khas tersendiri dan menjadi kebanggaan kita bersama.

Hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati Sanggau beserta Istri, Sekda kabupaten Sanggau A.L.Leysandri,SH beserta Istri, Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi, Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Sanggau, Kadis Pemuda Olahraga dan Pariwisata kabupaten Sanggau, Kadis Bina Marga dan Sumberdaya Air, Kepala BPM Pemdesa, perwakilan dari beberapa OPD, Dandim Sanggau, kepala BNN kabupaten Sanggau, camat kembayan, ketua GOW dan PKK kabupaten Sanggau, Polsek, danramil, PKK kecamatan, Kades, PKK desa dan kelompok dasawisma serta para kelompok tani.

Penulis: Sukardi